Sebanyak 64 Tim Berlaga di Flobamora Cup, Rebut Total Hadiah Rp20 Juta

PANGKALPINANG, LASPELA — Sebanyak 64 tim Futsal di Provinsi Bangka Belitung ikut bertanding dalam FLOBAMORA Cup memperebutkan total hadiah sebesar Rp20.000.000.

Rangkaian pertandingan FLOBAMORA (Flores , Sumba, Timor,Alor) Cup dalam rangka HUT Flobamora Provinsi dibuka secara resmi, di GOR Depati Bahrin Pangkalpinang, Minggu (2/6/2024).

Ketua Umum FLOBAMORA Provinsi Bangka Belitung, Tarsi Capistrano menjelaskan Flobamora Cup dilaksanakan dalam rangka memperingat HUT Flobamora ketiga Provinsi Babel sekaligus menjadi wadah untuk membina silahturahmi, mengasah keterampilan dan kemampuan sekaligus membangun karakter sportivitas serta kerja sama.

“Persekutuan keluarga FLOBAMORA Provinsi Bangka Belitung memiliki tim Flobamora FC yang selama ini menjadi wadah membangun mental dan prestasi olahraga generasi muda Flobamora. Dari Flobamora FC kami berinisiatif menggelar Flobamora CUP untuk memperluas jaringan silahturahmi, kesempatan mengasah keterampilan dan kemampuan untuk mencetak prestasi olahraga khususnya di futsal, sekaligus membina karakter generasi muda untuk memiliki sikap sportivitas, mental berjuang dan kerja sama. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka ulang tahun FLOBAMORA Provinsi Babel,” ungkap Tarsi.

Tarsi menambahkan dirinya selaku ketua dan keluarga besar Flobamora Provinsi Babel mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan keterlibatan klub-klub futsal di Bangka Belitung.

“Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi klub-klub futsal yang sudah mendaftar dan ikut terlibat dalam pertandingan. Kami juga meminta maaf beberapa tim belum bisa bergabung, animonya sangat tinggi tetapi kuota dan pertimbangan waktu maka hanya dibatasi 64 tim. Semoga ini menjadi wadah untuk bersama-sama menciptakan prestasi olahraga khususnya di olahraga futsal,” kata Tarsi.

Lebih lanjut Tarsi memberikan apresiasi atas dukungan dari Asosiasi Futsal Provinsi Babel (AFP), KONI Babel, Dispora Kota Pangkalpinang, para wasit, pihak keamanan, pengelola GOR dan para donatur  dan masyarakat yang telah mendukung terselenggaranya Flobamora Cup.

“Kami mengucapkan selamat bertanding kepada semua klub. Bertandinglah secara sportif dan mari kita bergerak maju bersama membangun prestasi olahraga ,” harap Tarsi.

Ketua Panitia Flobamora CUP, Yohanes Usman menjelaskan Flobamora CUP berlangsung menggunakan sistem gugur. Semua pertandingan dipusatkan di GOR Depati Bahrin Pangkalping. Partai Final akan dilangsungkan pada Sabtu, 8 Juni 2024.

“Kami mengucapkan terima kasih atas klub-klub yang bertanding. Selamat bertanding, junjung sportivitas dan tetap komtimen menjaga keamanan dan ketertiban selama pertandingan,” harap Usman.

Wakil Ketua Umum AFP Bangka Belitung, Aldy Kurniawan, S.H memberikan apresiasi terhadap terselenggaranya FLOBAMORA Cup dalam kerja sama dan koordinasi dengan AFP Bangka Belitung.

“Kami memberikan apresiasi atas terselenggaranya Flobamora CUP. Selamat dan sukses untuk Flobamora Babel. Kami harapkan agar semua tim yang bertanding untuk tetap komitmen, menjunjung sportivitas dan menjaga ketertiban dan serta keamanan selama pertandingan. Selamat bertanding,” ungkap Aldy Kurniawan.

Aldy Kurniawan FLOBAMORA Babel kedepan diharapkan untuk lebih fokus membina klub Flobamora FC sehingga bisa mendukung pengembangan olahraga futsal di Babel sekaligus bisa menyumbangkan atlet-atlet berprestasi di laga tingkat provinsi, nusantara dan nasional.

“Kami juga memberikan apresiasi atas penampilan seni budaya pada saat acara pembukaan. Olahraga menjadi wadah untuk memperkenalkan budaya. Dan jujur kami sangat bangga pada saat dinyanyikan lagu Indonesia Raya semua tim berdiri. Ini hal sederhana tetap menunjukan komtimen kita kepada NKRI. Sekali lagi selamat dan sukses untuk Flobamora Cup,” sebut Aldy

Rangkaian kegiatan pembukaan menampilkan tarian adat dan budaya NTT serta dibuka dengan penendangan bola oleh Ketua Umum Flobamora, Tarsi Capistrano, Ketua Panitia, Yohanes Usman, Pembina Flobamora, Pastor Piter dan Wakil Ketua Umum AFP Bangka Belitung, Aldy Kurniawan.

Bagi pemenang,  Juara I mendapatkan Rp8.000.000, Juara II Rp6.000.000, Juara III, Rp4.000.000, Juara IV Rp1.000.000, Top Score Rp500.000 dan Best Player Rp500.000. (rls)