PDI-P Paling Banyak Terima Dana Hibah, Safrizal: Manfaatkan Sebaik-baiknya 

 

PANGKALPINANG, LASPELA – Sembilan partai politik (arpol) menerima bantuan dana hibah dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel).

Kesembilan parpol tersebut, Partai PDI-P, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) , Partai Nasdem, Partai Demokrat, PKS, PAN dan Partai Bulan Bintang dengan total bantuan sebesar Rp2.784.217.500 dengan  nominal yang berbeda-beda untuk masing-masing parpol tersebut.

Penyerahan bantuan hibah tersebut diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Babel, Safrizal Zakaria Ali pada kegiatan penyerahan bantuan keuangan atau hibah, kepada penyelenggara dan peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Senin (3/6/2024).

Dikatakan Safrizal, untuk partai politik yang paling tinggi mendapatkan bantuan yakni PDI Perjuangan sebesar Rp689.382.000 juta, usai memperoleh 153.196 suara dan 10 kursi di DPRD Provinsi Bangka Belitung. Dan urutan kedua yakni partai Golkar sebesar Rp435.334.500 juta, serta urutan ketiga partai Gerindra Rp352.152.000 juta dengan jumlah enam kursi di DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Kita berharap agar Pilkada ini dapat berjalan dengan tertib, lancar, damai,” ucap Safrizal kepada awak media.

Safrizal berharap kepada partai politik, bantuan ini dapat digunakan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas demokrasi di indonesia. Sebagai pilar demokrasi, partai politik memiliki peran penting dalam mencetak kader-kader bangsa yang berintegritas, berkualitas, dan mampu menghadirkan kebijakan-kebijakan yang pro-rakyat.

“Walaupun bantuannya kecil tetapi dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam rangka pembinaan yang lebih baik,” ujarnya.

Selain itu dilanjutkan dengan penandatanganan NHPD Pilkada untuk Polri sebesar Rp5 Miliar dan TNI sebesar Rp1.746.050.000 miliar.

“Kita berharap dukungan penuh dari TNI dan Polri, dalam melakukan pengamanan untuk menciptakan Pilkada yang aman dan damai. Dan TNI-Polri agar segera menyusun rencana-rencana yang akan dilakukan,” pinta Safrizal.

Sedangkan untuk KPU Provinsi Bangka Belitung mendapatkan hibah total sebesar Rp68.487.429.933 miliar, lalu untuk Bawaslu Provinsi Bangka Belitung yakni Rp20.807.570.000 miliar.

“Untuk KPU dan Bawaslu Provinsi Bangka Belitung, kita berharap penyelenggaraan Pemilu dapat dijalankan dengan jujur, adil dan transparan,” jelasnya.

Safrizal juga berharap hibah ini tidak hanya dipandang sebagai bentuk bantuan finansial semata, tetapi juga sebagai investasi sosial dan politik yang akan memberikan dampak positif jangka panjang bagi kemajuan bangsa dan negara.

“Hibah ini merupakan wujud nyata dari komitmen Pemerintah dalam mendukung penguatan lembaga dan institusi yang memiliki peran vital dalam pembangunan bangsa dan negara,” tutupnya.(chu)