Peringatan Hari Lahir Pancasila, Pemkot Pangkalpinang Bersama Forkopimda Gelar Upacara Virtual

Pj Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Miego serta seluruh forkopimda

PANGKALPINANG, LASPELA – Peringatan hari lahir Pancasila menjadi salah satu momentum bersejarah bagi Indonesia.

Memperingati hari ini Pemerintah Kota Pangkalpinang menggelar upacara virtual yang berlangsung di Ruang OR Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Sabtu (1/6/2024).

Pada upacara peringatan ini, dihadiri oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Miego serta jajaran Forkopimda Kota Pangkaloinang.

Upacara virtual ini diinspekturi langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo.

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan kepada seluruh rakyat Indonesia agar dapat memperkokoh bangsa dan bekerja sama membangun ekonomi nasional dengan berpegang teguh kepada Pancasila.

“Baik melalui industrialisasi di dalam negeri dan melalui hilirisasi di berbagai sektor, kita harus menjamin kekayaan negara sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat kita,” ujarnya.

Jokowi juga mengingatkan jika Indonesia harus memanfaatkan aset-aset bangsa dan harus aktif mengambil aset bangsa tersebut untuk kesejahteraan masyarakat.

Ia juga berharap kehadiran Pancasila sebagai pembebas dari ketergantungan kita pada pihak asing.

Sementara itu, Lusje menuturkan Pancasila sebagai Dasar Negara peru dijaga dan dihargai sejarah lahirnya Pancasila, juga untuk mengingatkan seluruh masyarakat tentang nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Pancasila juga merupakan alat pemersatu bangsa, dan kita sebagai generasi penerus bangsa Pancasila harus dimaknai sebagai dasar negara dan sebagai landasan kepribadian dalam kehidupan bermasyarakat.

“Dinegara lain itu tidak ada Pancasila, maka kita harus bangga dengan kita yang mempunyai Pancasila yang merupakan dasar negara kita yang mengutuhkan negara ini,” tuturnya. (dnd)