Pengibaran Bendera di Peringatan Hari Lahir Pancasila Jadi Tugas Terakhir 35 Paskibraka Pangkalpinang Tahun 2023

Foto bersama Pj Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan bersama Sekda Kota Pangkalpinang Miego dan seluruh Paskibraka yang bertugas

PANGKALPINANG, LASPELA – Paskibraka tahun 2023 Kota Pangkalpinang berhasil menjalankan tugas terakhirnya pengibaran bendera merah putih pada peringatan hari Lahir Pancasila menjadi penanda berakhirnya tugas Paskibraka tahun 2023, Sabtu (1/6/2024).

Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Pangkalpinang, Rio Armanda Agustian menyebut, ada 35 orang Paskibraka yang hari ini bertugas dan ini tugas terakhir, untuk tugas pertamanya ialah pengibaran bendera merah putih pada 17 Agustus 2023 lalu.

“Pagi ini melakukan pengibaran kemudian nanti sore akan ada penurunan juga yang mereka juga yang akan bertugas,” tuturnya.

Sementara untuk formasi sendiri yaitu formasi pancasila, hal ini sesuai dengan aturan Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024.

“Formasinya terdiri atas lima kelompok yang mencerminkan sila-sila pada Pancasila, yaitu kelompok 1, 2, 3, 4, dan kelompok 5,” ujarnya.

Ia memastikan jika upacara naik dan penurunan bendera akan berjalan lancar, ia berharap dengan lancaranya ini akan menjadi sebuah pengalaman berharga bagi paskibraka tahun 2023.

“Dengan pengalaman mereka selama menjadi paskibraka, diharapkan rasa nasionalisme akan semakin tinggi, dan rasa cinta tanah air akan semakin kuat,” ujarnya. (dnd)