Dorong Pemberdayaan Mustahik, BAZNAS RI Luncurkan 50 Zmart di Babel

 

PANGKALPINANG, LASPELA – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI meluncurkan 50 Zmart di Kota Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung, Rabu (29/5/2024).

Turut hadir Wakil Ketua BAZNAS RI H. Mokhamad Mahdum, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan MA. serta Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bangka Belitung Riza Aryani.

“Program Zmart ini adalah satu program prioritas nasional BAZNAS, alhamdulillah saat ini kita resmikan sebanyak 50 Zmart yang ada di Provinsi Bangka Belitung ini,” kata Wakil Ketua BAZNAS RI H. Mokhamad Mahdum, kepada awak media.

Mo Mahdum menyampaikan, para penerima manfaat program Zmart ini tidak hanya mendapatkan bantuan berupa pengembangan warung/toko yang dimiliki, tapi juga akan diberikan pendampingan langsung oleh tim BAZNAS Pusat.

“Jadi ini akan dibina oleh kami selama setahun akan kami dampingi, kemudian akan kami serahkan pada BAZNAS provinsi untuk melakukan pendampingan, para pemilik Zmart ini nanti kita usahakan agar punya jiwa enterpreneur marketing,” ucapnya.

“Kami berharap, 50 Zmart yang telah diresmikan ini dapat membantu mendorong perekonomian umat di Bangka Belitung, membantu keluarga mustahik dan tentunya menambah keberkahan bagi para muzakki dan kita semuanya, ” harap Mo Mahdum.

Sementara itu, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan MA. menjelaskan, Program Zmart adalah program pemberdayaan ekonomi dalam bentuk pengembangan warung/toko yang dimiliki mustahik dengan skala mikro sampai kecil untuk mengatasi kemiskinan di wilayah urban.

“Ini salah satu program prioritas kita, tujuannya untuk meningkatkan kapasitas warung sehingga dapat tumbuh dan berkembang di tengah pasar retail modern, mengatasi kemiskinan. serta memberdayakan mustahik melalui program-program unggulan BAZNAS,” jelasnya.

“Selama kurun waktu 2018-2023, BAZNAS telah mendirikan Zmart sebanyak 2.614 yang tersebar di 26 Provinsi dan 49 Kabupaten/Kota, dan saat ini alhamdulillah kita menambah 50 Zmart di Bangka Belitung,” ucap Saidah.

Saidah berharap, program ini dapat mendorong kesejahteraan mustahik sehingga mampu menjadikan mereka menjadi muzaki di kemudian hari.

Pada kesempatan yang sama, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bangka Belitung, Riza Ariani, menyambut baik peluncuran program Zmart di Bangka Belitung karena dapat membantu mengentaskan kemiskinan dan persoalan sosial ekonomi masyarakat melalui pengembangan UMKM.

“Kami menyambut baik pengelolaan zakat untuk membantu mengentaskan kemiskinan dan sosial ekonomi khususnya program ini kami sangat menyambut baik,” tutur Riza.

“UMKM adalah pahlawan ekonomi kita dan saya berharap BAZNAS menjadi bagian dari pahlawan itu, karena menurut data 98 persen ekonomi di Indonesia ini didukung oleh UMKM, 96 persen tenaga kerjanya adalah UMKM,” ucapnya.

“Alhamdulillah kehadiran bapak ibu dari BAZNAS pusat dari Jakarta ini membawa keberkahan kepada kita semua di Bangka Belitung dengan diresmikannya 50 Zmart ini, mudah-mudahan program ini terus sukses kedepannya dan dapat lebih banyak lagi masyarakat kita yang terbantu,” tutup Riza.(chu)