Ratusan Pelajar Bangka Adu Bakat di Ajang O2SN Kabupaten Bangka, Haris Berharap Wasit Bertindak Adil

Penjabat Bupati Bangka, M Haris saat memukul gong sebagai tanda pembukaan O2SN di Stadion Bina Satria, Sungailiat.

SUNGAILIAT, LASPELA — Sebanyak 216 peserta mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SD/ MI dan SMP/ MTs Kabupaten Bangka 2024.

Penjabat (Pj) Bupati Bangka, M Haris mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk mencari bibit-bibit atlet berbakat di tingkat bawah.

“Mereka (atlet) inilah yang akan membawa dan memperkuat daerah ini untuk bertanding di tingkat provinsi dan nasional,” kata Haris, saat membuka 02SN, Senin (27/5/2024).

Selain itu, Haris juga meminta agar para atlet dapat menjunjung tinggi sportivitas saat bertanding.

Terlebih, ajang ini menjadi parameter penting guna mengukur prestasi atlit dan keberhasilan dari hasil pembinaan olahraga di Kabupaten Bangka.

“Kami berharap para atlit dapat bertanding dengan penuh semangat dan menjunjung tinggi sportivitas untuk menunjukkan prestasi. Dan kepada para wasit dapat bertindak adil dalam memimpin pertandingan di event olahraga ini agar jauh dari kecurangan dan keberpihakan,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora), Rozali mengatakan, kompetisi tersebut digelar sejak 26 hingga 28 Mei 2024.

Dimana untuk tingkat SD/ MI ada enam cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan yaitu atletik, renang, pencak silat, karate, bulutangkis dan senam.

Sedangkan untuk tingkat SMP/ MTs yakni atletik, renang, pencak silat, karate dan bulutangkis.

“Jumlah peserta bervariasi di tiap kecamatannya sesuai dengan yang dikirimkan, dengan total keseluruhannya sebanyak 216 peserta dari delapan kecamatan,” tukasnya. (mah)