Bupati Babar Serahkan 8 Unit Ambulans dari Dana DAK

Penyerahan mobil pelayanan kesehatan di Halaman Parkir Timur, Setda Kabupaten Bangka Barat, Senin (27/5/2024). Foto: Istimewa.

 

 

MENTOK , LASPELA — Bupati Bangka Barat (Babar), Sukirman menyerahakan sebanyak delapan unit armada kesehatan untuk digunakan oleh seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di wilayahnya, yang berlangsung di Halaman Parkir Timur, Setda Babar, Senin (27/5/2024).

Kendaraan yang diserahkan terdiri dari enam armada ambulans dan dua armada Puskesmas Keliling (Pusling), yang didapatkan dari sumber Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat.

Sukirman mengatakan dengan hadirnya delapan unit armada kesehatan baru ini dapat digunakan sebaik-baiknya, guna mendukung transportasi layanan kesehatan.

“Puskesmas dan jaringannya merupakan garda depan dalam penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan tingkat utama yang lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif untuk mencapai derajat kesehatan setinggi-tingginya di wilayah kerjanya,” ucapnya.

Sukirman berharap armada yang telah disalurkan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi kepentingan masyarakat di Kabupaten Bangka Barat dan semoga tidak ada lagi kendala.

“Kendaraan ambulans dan pusling roda empat tersebut dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kepentingan masyarakat di kabupaten bangka barat dan semoga tidak ada lagi kendala, juga dijaga dan dirawat dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, Muhammad Sapi’i Rangkuti mengatakan delapan unit kendaraan pelayanan kesehatan itu didapatkan dari sumber Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Perlu saya sampaikan mobil operasional ambulans dan puskesmas keliling ini diperoleh dari sumber dana dari DAK pusat, terakhir kita memperoleh ambulans di tahun 2013 dan sudah tidak layak lagi untuk dibawa cepat, sementara hampir rata-rata semua pasien yang akan dirujuk ini butuh kecepatan,” ujarnya.

Adapun enam armada ambulan disalurkan ke Puskesmas Simpang Teritip, Puskesmas Kundi, Puskesmas Puput, Puskesmas Sekar Biru, Puskesmas Kelapa dan Puskesmas Tempilang, serta terdapat dua mobil Puskesmas Keliling diberikan kepada Puskesmas Mentok dan Puskesmas Jebus.(oka)