BI Babel Jalin Kerja Sama dengan Provinsi Jabar, Perkuat Pengendalian Inflasi Pangan

PANGKALPINANG, LASPELA – Bank Indonesia Bangka Belitung bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Bangka Belitung di tahun 2024 memfasilitasi terlaksananya Kerja sama antardaerah (KAD) Babel dengan Provinsi Jawa Barat, sebagai wujud komitmen dalam memperkuat pengendalian inflasi pangan.

“Kita (BI Babel-red) telah melakukan KAD dengan Provinsi Jawa Barat pada (19/5/2024) di Bandung, dalam hal komoditi bawang merah, aneka cabai, dan sayuran secara Business to Business (B2B) atau antar pelaku bisnis,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung, Rommy S. Tamawiwy di Pangkalpinang, Senin (27/4/2024).

Rommy mengatakan, perjanjian kerja sama ini sebagai wujud nyata program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) BI Bangka Belitung tahun 2024 hasil sinergi Bank Indonesia dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Harapannya, melalui kerja sama ini dapat terjalin dengan baik dan tidak hanya terbatas pada komoditas holtikultura namun dapat diperluas ke wilayah dan komoditas lainnya seperti beras dari wilayah Subang, Karawang dan Cianjur, bahkan ditindaklanjuti dengan perjalanan misi dagang Provinsi Jawa Barat ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ujarnya.

Lanjut Rommy, strategi pengendalian inflasi di Babel tetap diupayakan dalam kerangka 4K yakni (Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi Efektif), bahkan KAD baik B2B maupun G2G terus didorong menjadi langkah strategis dalam pengendalian inflasi.

“Tentu ini sekaligus menjadi jembatan yang menghubungkan daerah produsen d.h.i Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Bandung dengan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sehingga keterjangkauan harga dan ketersediaan pasokan dapat dimitigasi dengan baik,” jelasnya.

Selain KAD secara B2B, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Kepala Dinas Perdagangan dan Industri Provinsi Jawa Barat, Noneng Komara Nengsih dan Kepala Biro Perekonomian Provinsi Jawa Barat, Yuke Mauliani menyambut baik inisiasi KAD secara Goverment to Goverment (G2G) antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Kita terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung untuk merealisasikan MoU KAD antara Provinsi Babel dengan Provinsi Jawa Barat sehingga dalam waktu dekat dapat segera difasilitasi penandatanganannya oleh kedua belah pihak,” tutupnya.(chu)