Rusydi Sulaiman: Ijtima’ Ulama Perkuat Peradaban Islam

SUNGAILIAT, LASPELA — Ijtima’ Ulama merupakan momen penting untuk membahas berbagai masalah umat menuju peradaban yang lebih baik (strengthening an islamic civilization).

Ketua Bidang Fatwa dan Penelitian MUI Babel dan sekaligus Direktur Madania Center Babel, Rusydi Sulaiman memastikan akan mengambil peran dalam kegiatan Ijtima’ Ulama yang akan digelar di Pondok Pesantren Bahrul Ulum (Islamic Center) Sungailiat, Bangka pada 28 hingga 31 Mei 2024.

“Setidaknya menyambut ulama dan tokoh-tokoh penting adalah wajib secara moral sekaligus keberkahan bagi Bumi Serumpun Sebalai, khususnya bagi Pondok Pesantren Bahrul Ulum,” kata Rusydi, Jumat(24/5/2024).

Rusydi mengatakan bahwa sebelumnya MUI Bangka Belitung telah menggelar kegiatan level internasional yakni Kongres Umat Islam ke -7 dan Kongress Halal Internasional pada beberapa tahun lalu.

“Bila ada stigma, MUI (Majelis Ulama Indonesia) sebatas “tukang baca do’a” dan juga “pengetuk palu halal”, tidak demikian dengan MUI Bangka Belitung, melangkah lebih cepat menembus peradaban,” ucapnya.

Untuk itu, Rusydi Sulaiman berharap dukungan pemerintah daerah dan juga masyarakat terhadap kegiatan mulia tersebut.

“Mudah-mudahan hal ini memberikan energi tersendiri bagi Kepulauan Bangka Belitung. Masyarakat berperadaban adalah obsesi kita semua,” ucapnya

Terlebih, kata Rusydi, jika Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan tokoh-tokoh penting bisa hadir dalam kegiatan tersebut, Kepulauan Bangka Belitung akan dilirik apalagi posisinya yang sangat strategis dengan segala Sumber Daya Alam yang melimpah.

“MUI Babel berkomitmen memperkuat perannya baik secara moral maupun akademis untuk masa depan kepulauan ini,” tukasnya.

Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia VIII akan digelar di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Islamic Center Sungailiat yang rencananya akan dibuka oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin.

Tak hanya itu, sejumlah menteri juga dijadwalkan akan menghadiri acara nasional tersebut, seperti Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi, Menteri Pertahanan Republik Indonesia Jenderal TNI (HOR) (Purn) Prabowo Subianto, dan Menteri Agama Republik Indonesia KH Yaqut Cholil Qoumas.

Selain itu, juga akan dihadiri oleh tokoh-tokoh nasional lainnya yakni Ketua Dewan Masjid Indonesia H Muhammad Jusuf Kalla,
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI Hilman Latief, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS RI) KH Noor Achmad, dan Ketua Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah. (mah)