Manfaatkan Pekarangan Rumah, Peternak Ini Raup Untung Ratusan Ribu per Hari

SUNGAILIAT, LASPELA — Peternak ayam skala rumahan berhasil mengembangkan produksi ayam layer DOC (Day Old Chicks) dengan meraup untung ratusan ribu rupiah per hari.

Memanfaatkan lahan lebih di belakang rumah, peternak yang beralamat di Jalan Baru Jalur Dua Sungailiat, Kasmono berhasil mengantongi pundi-pundi rupiah dari telur yang dihasilkan di kandang Baterai Layer (kandang modern) di peternakannya.

Kasmono mengaku bersyukur, hasil jerih payahnya selama hampir empat bulan lebih ini sudah mencapai garis keberhasilan walaupun masih dalam tahap awal produksi.

“Alhamdulillah ini ayam layer DOC yang berasal dari Lampung. Saya coba kembangkan di sini memanfaatkan lahan kosong di belakang rumah,” kata Kasmono, Jumat (23/5/2024).

Pada awal masa produksi ini, kata dia, ayam layer sudah menghasilkan sekitar 50-60 persen (seratus lebih) butir telur dari populasi 200 ekor ayam yang ada di kandangnya.

“Untuk masa petelur ayam layer ini dimulai dari empat bulan setengah sampai dua tahun kedepan, dimana semakin tua masa ayam akan semakin banyak telur yang dihasilkan,” ujarnya.

Kasmono menilai, bisnis ayam layer petelur ini cukup menjanjikan dengan durasi waktu yang panjang hingga dua tahun kedepannya.

“Pasaran masih di seputaran Sungailiat, terkadang ada juga warga yang datang untuk beli langsung ke kandang, bisnis ini cukup potensial dikembangkan di wilayah kita ini,” katanya.

Diakuinya, perawatan ayam layer ini tidak terlalu rumit, namun dapat memberikan hasil yang maksimal. (mah)