Jelang Ijtima’ Ulama, Santri Ponpes Bahrul Ulum Islamic Center Sungailiat Dirumahkan

SUNGAILIAT, LASPELA — Jelang kegiatan Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia VIII, para santri di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Islamic Center Sungailiat dirumahkan. Kebijakan ini berlaku bagi semua jenjang, mulai dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) Plus, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Plus.

Pimpinan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Islamic Center, KH Syaiful Zohri mengatakan, para santri tersebut dikembalikan ke orangtuanya masing-masing sejak 23 Mei hingga 2 Juni 2024 mendatang.

“Anak-anak mulai kemarin kita kembalikan dulu ke rumah masing-masing sampai tanggal 2 Juni 2024. Pas masuk nanti langsung ujian,” katanya, Jumat (24/5/2024).

Meski begitu, kata KH Syaiful, mereka tetap menjalankan tugas-tugasnya sebagai santri, hanya saja dikerjakan dari rumah.

“Artinya mereka tetap belajar dari jarak jauh dengan berbagai tugas yang sudah disiapkan,” ujarnya.

Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia VIII akan digelar di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Islamic Center Sungailiat pada 18 hingga 31 Mei 2024. Rencananya, kegiatan nasional tersebut akan dibuka oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin dan akan dihadiri sejumlah menteri.

Dimana pada sidang pleno I, akan ada paparan materi terkait dengan “Problematika Pengelolaan Haji dan Zakat Untuk Mewujudkan Kemaslahatan” oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI Hilman Latief, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS RI) KH Noor Achmad, dan Ketua Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah.

Sementara pada sidang pleno II akan dipaparkan materi “Mengokohkan Kedaulatan Nasional di Tengah Geopolitik Global”, yang akan diisi oleh Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi, dan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Jenderal TNI (HOR) (Purn) Prabowo Subianto.

Sedangkan pada sidang pleno III “Relasi Hubungan Antar Agama dalam Konteks Hubungan Antar Bangsa” akan diisi oleh Menteri Agama Republik Indonesia KH Yaqut Cholil Qoumas, dan Ketua Dewan Masjid Indonesia H Muhammad Jusuf Kalla.

Kendati demikian, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bangka, KH Syaiful Zohri mengatakan, belum bisa memastikan kehadiran para menteri tersebut.

“Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan. Tapi meskipun ada halangan nanti ada yang mengganti. Tapi kalau pak menteri agama (Yaqut Cholil Qoumas) dan pak Jusuf Kalla insyaAllah akan hadir langsung,” katanya.

Diketahui bahwa Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia VIII akan digelar di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Islamic Center Sungailiat pada 18 hingga 31 Mei 2024.(mah)