Dukung Perekonomian Nelayan, PT Timah Bantu Renovasi Dermaga Desa Tanjung Kubu Bangka Selatan 

BANGKA SELATAN, LASPELA – Untuk mendukung dan mempermudah akses nelayan di Desa Tanjung Kubu, Kabupaten Bangka Selatan, PT Timah menyerahkan bantuan renovasi dermaga pengubung Desa Tanjung Kubu dan Desa Tanjung Timur, Rabu (22/5/2024). Dermaga penghubung antar kedua desa ini rusak, padahal merupakan akses penting bagi masyarakat untuk mendukung aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat di kedua Desa.

Warga Desa Tanjung Kubu, Rosidi (64) menceritakan dermaga antar kedua Desa ini sudah tidak aman untuk dilalui, lantaran tiang dermaga rusak dan rapuh akibat tergerus air laut.

“Tapi karena kebutuhan warga mereka terpaksa tetap menggunakannnya walaupun dapat membahayakan keselamatan,” kata Rosidi.

Ia mengatakan, dermaga ini sangat penting para nelayan dan petani, sebagai jalan menuju tempat tambat perahu nelayan dan aktivitas lainnya. Sebelum ada dermaga ini, para nelayan dan petani menyeberang sungai dan menunggu waktu air laut surut.

“Dulu para nelayan menyeberang melalui sungai dengan memanggul sepeda di atas. Jika air laut surut sore kami pulang sore, jika pagi ya kami menginap dulu sambil menunggu air laut surut untuk menyeberang pulang,” ceritanya.

Pihaknya mengapresiasi PT Timah yang telah membantu masyarakat untuk merenovasi dermaga, sehingga memudahkan mereka dalam berkativitas.

“Terima kasih kami untuk PT Timah yang sudah memberikan bantuan renovasi ini karena akan memudahkan warga dalam beraktivitas,” ucapnya. (ril/chu)