Empat Penyanyi Berbakat Wakili Pangkalpinang ke Tingkat Provinsi Babel

PANGKALPINANG, LASPELA – Empat pemenang “Pengkal Nyarik Duta GBN” yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Pangkalpinang berhasil mewakili Kota Beribu Senyuman untuk mengikuti ajang pencarian bakat Gita Bahana Nusantara (GBN) tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Pencarian bakat pada Gita Bahana Nusantara (GBN) ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun, yang digelar untuk mencari dan memilih talenta-talenta terbaik dari segi bakat menyanyi. Ada empat kategori yang dilombakan, ialah suara alto, bass, tenor dan sopran.

“Jadi masing-masing peserta yang hadir akan diseleksi, kali ini dari 38 peserta kita melalui Dewan Juri sudah memilih  4 pemenang dari masing-masing kategori dan akan mengikuti seleksi di tingkat Provinsi GBN, dan pemenang di Provinsi akan mewakili ke IKN (Ibu Kota Nusantara) yang tahun ini yang akan tampil di hari kemerdekaan Indonesia ,” ujar, Kepala Disdikbud Kota Pangkalpinang, Erwandy, Rabu (22/5/2024).

Pihaknya akan melakukan pembinaaan kepada anak-anak berbakat ini,  bukan hanya Dindikbud, Erwandy juga mengatakan peran dari sekolah atau perguruan tinggi untuk melakukan pembinaan juga sangat diperlukan.

“Jadi setelah mereka dari sini kita bina untuk menyiapkan pelatihan mereka, dilatih dan menyiapkan pelatih untuk ke tingkat provinsi, namun pembinaan ini akan lebih baik dilakukan juga di sekolah atau kampus, karena mereka ada gurunya, dan disampaikan pada dewan juri tadi kalau untuk membaca notasi itu tidak instans dan perlu proses,” jelasnya.

Untuk itu pihaknya mengintruksikan kepada seluruh sekolah dan perguruan tinggi bisa membina,  menjaga anak-anak ini supaya terus berlatih dan bisa maksimal dalam kompetensi nanti.

“Saya berharap yang hari ini terpilih menjadi pemenang dapat melanjutkan ke tingkat nasional dan tampil perdana di IKN. Tahun ini kami harap keempat kategori dapat tampil di nasional, karena tahun kemarin kita hanya berhasil mengirim tiga kategori,” ujarnya.

Sementara itu, untuk pemenang GBN  tingkat Kota Pangkalpinang juara pertama dari masing-masing kategori ialah :
1. Sashya Maytria Amouzegar kategori Sopran,
2. Mari Etta Katarina, kategori Alto
3. Isa Pratama Putra Amanu, Kategori Tenor
4. Zakary Nareswara Tulus Sinudewangga Hatmadiputra, Kategori Bass. (dnd)