Pj Gubernur Safrizal Launching Rampak Gemintang, Guna Eliminasi Stunting dan Kemiskinan Ekstrim

BANGKA BARAT, LASPELA – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA bersama Pj Ketua PKK Babel, Safriati Safrizal me-launching Gerakan Serempak Guna Eliminasi Kemiskinan dan Stunting Bangka Belitung (Rampak Gemintang), Senin (20/5/2024) di SDN 17 Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengimplementasikan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 Tentang Percepatan Penurunan Stunting yang Holistik, Integratif, dan Berkualitas Melalui Koordinasi, Sinergi, dan Sinkronisasi di antara Pemangku Kepentingan dan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

“Rampak Gemintang hakekatnya merefleksikan keseluruhan program maupun kegiatan Perangkat Daerah yang bersinggungan dengan penurunan angka stunting dan pengentasan kemiskinan. Pendekatan ini berakar kuat pada kultur dan kearifan komunal masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Beberapa program yang dilaksanakan pada hari ini yakni pemberian makanan tambahan melalui rumah pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), pemberian tablet penambah darah, pembangunan jamban sehat dan Rutilahu, pemberian bansos Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan rehabilitasi rutilahu, serta pemberian paket “Gemar Ikan”.

“Tidak hanya melalui pemberian bantuan secara langsung, langkah-langkah dalam penurunan stunting, kemikiskinan dan inflasi juga kami tempuh melalui penyediaan pasar murah, layanan kesehatan gratis, layanan kependudukan (pembuatan Kartu Identitas Anak, KTP bagi pelajar, serta Kartu Keluarga bagi pasangan yang baru menikah), sosialisasi Keluarga Berencana, dan donor darah,” tambahnya.

Melalui layanan tersebut dirinya yakin mampu menekan laju inflasi di Bangka Belitung sehingga tingkat kemiskinan menurun. Ia juga mengajak Bupati/Wali Kota /TNI/Polri, seluruh Instansi Vertikal, serta para pelaku usaha di Kep. Babel untuk memprioritaskan kegiatan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dan penurunan stunting di Babel.

“Harapannya gerakan ini akan memantik munculnya gerakan-gerakan serempak lainnya di masyarakat. Oleh karena itu, sebagai salah satu cara mengingatkan dan melahirkan kembali semangat kesetiakawanan khususnya dalam mengatasi masalah stunting dan kemiskinan maka diselenggarakan Rampak Gemintang,” pungkasnya.

Program ini pun mendapatkan apresiasi dari Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming. Ia mengatakan bahwa program “Rampak Gemintang”  ini merupakan inovasi yang harus disegerakan, karena menurutnya kegiatan seperti ini penting, dan kedepannya patut ditiru daerah lain. (ril/chu)