Pustu Tanah Bawah Diresmikan, Marianto Minta Dinkes Intensif Lakukan Monitoring

SUNGAILIAT, LASPELA — Puskesmas Pembantu (Pustu) di Desa Tanah Bawah sudah mulai digunakan, usai diresmikan oleh Plt Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangka melalui Kabid Pelayanan Kesehatan, Devi Irawati, Senin (20/5/2024).

Peresmian tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi III DPRD Bangka Marianto, Camat Puding Besar serta instansi terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu, Marianto mengatakan, pembangunan Pustu tersebut merupakan aspirasi dari masyarakat setempat yang disampaikan pada 2021 lalu. Bahkan saking antusiasnya, salah satu warga Alimin rela menghibahkan tanah untuk menempati Pustu tersebut.

“Kita harus banyak bersyukur bahwa dengan adanya kerjasama atau kolaborasi antara wakil rakyat dengan pemerintah daerah, aspirasi masyarakat melalui reses atau pikir dewan bisa ditindaklanjuti, dengan catatan sesuai dengan kemampuan anggaran dan skala prioritas,” kata Marianto.

Untuk itu, politisi Partai PKS itu meminta agar Pustu tersebut dijaga dan dipelihara agar bisa optimal melayani masyarakat yang ingin berobat.

“Hal penting lainnya adalah Dinas Kesehatan harus memonitoring secara intensif terhadap pelayanan di Pustu oleh para dokter dan tenaga medis lainya, agar masyarakat merasakan pelayanan yang prima dan menyenangkan,” bebernya.

Masyarakat, kata Marianto, harus cerdas bahwa dalam pembangunan diperlukan kompetensi sumberdaya manusia yang unggul dan tangguh. Selain itu, masyarakat juga harus cerdas sebab cermin pemerintahan ditentukan oleh kecerdasan masyarakat pemilih.

“Manfaatkanlah keberadaan wakil rakyat karena duduknya mereka di lembaga legislatif atas suara pilihan masyarakat. Masyarakat sehat dan maju, Bangka maju dan hebat,” pungkasnya. (mah)