Jaga Kesehatan Hewan Kurban, Dinas Pangan dan Pertanian Rutin Cek Kondisi Hewan

 

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang rutin melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban menjelang hari raya Iduladha. Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan ke peternak-peternak dan rumah potong hewan.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, Samri menuturkan, pemeriksaan ini dilakukan agar terpantau baik dari segi kesehatan hewan kurban menjelang hari pemotongan hingga memastikan higiene saat pemotongan.

“Kami melakukan langkah cepat, karena kita mau kesehatan kurban, untuk memastikan hewan yang akan dikurbankan dalam keadaan sehat dan tidak mengandung penyakit berbahaya yang jika dikonsumsi bisa berpotensi menimbulkan penyakit,” katanya, Senin (20/5/2024).

Dokter hewan pun rutin melakukan pemeriksaan kesehatan jelang pemotongan, lalu bagi hewan yang sakit juga langsung segera dipisahkan dari hewan kurban yang lainnya.

Pihaknya pun memberikan name tag dan ear tag pada hewan yang sehat, untuk hewan yang dalam kondisi tidak sehat atau menderita penyakit, wajib keluar kandang dan dilakukan isolasi.

“Perlu sertifikat dokter untuk mengetahui hewan tersebut sehat atau sakit dan terbebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) serta Lumpy Skin Disease (LSD),” tuturnya. (dnd)