Satu Orang Pekerja Tambang di Parittiga Tewas Tertimbun Tanah, Rekannya Terkubur hingga Dada

Pihak Kepolisian melakukan olah tempat kejadian perkara, yang menyebabkan RR meninggal dunia. Foto : Istimewa

BANGKA BARAT,LASPELA — Kecelakaan kerja di penambangan timah yang menelan korban jiwa kembali terjadi di wilayah Kecamatan Parittiga.

Kali ini seorang pemuda berinisial RR (23) meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan tambang timah, di Desa Telak, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (17/05/2024) siang.

Peristiwa itu bermula saat korban berinisial RR (23) bersama tiga orang rekan kerjanya yakni BY (17), SI (46), dan AG (19), mulai bekerja di lokasi kejadian sekitar pukul tujuh pagi.

Kemudian sekira pukul satu siang, BY tidak lagi mendengar suara mesin Dong feng yang mereka gunakan.

Dia segera mengecek dan mendapati mesin tersebut telah tertutup lumpur.

Lebih mengejutkan lagi, dia melihat AG sudah tertimbun lumpur hingga dada, sedangkan korban RR tidak terlihat sama sekali.

BY segera memanggil rekan-rekannya, untuk membantu melakukan pencarian terhadap korban.

Tak lama berselang korban berhasil ditemukan dan segera dibawa ke Klinik Bhakti Timah Parit Tiga.

Kapolsek Jebus, Kompol Albert Tampubolon membenarkan ada salah satu pekerja tambang yang beroperasi di Desa Telak meninggal dunia.

Ia mengatakan korban merupakan warga yang berdomisili Desa Airgantang.

“Iya benar ada kecelakaan tambang tadi, kami mendapatkan informasi itu pada Jumat siang. Kemudian anggota Polsek Jebus langsung merapat ke lokasi kejadian, dan juga mendatangi kediaman korban,” katanya, Sabtu (18/5/2024).

Albert Tampubolon menambahkan, pihak keluarga korban memutuskan untuk tidak melakukan visum maupun otopsi, lantaran menganggap insiden tersebut sebagai musibah.

“Korban sempat dibawa rekan kerja ke Klinik Bhakti Timah. Namun, setibanya di klinik, dokter jaga mengkonfirmasi bahwa korban sudah dalam keadaan tidak bernyawa. Kemudian dibawa ke rumah orang tuanya,” katanya.

Saat ini, korban sudah dikebumikan di Tempat Pemakaman umum Desa setempat.(oka)