Sebanyak  99,20 Persen Masyarakat di Babel Tercover Jaminan Kesehatan

PANGKALPINANG, LASPELA – Hampir seluruh masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) telah tercover Universal Health Coverage (UHC) BPJS Kesehatan. Dari data BPJS Kesehatan cabang Pangkalpinang Babel jumlah masyarakat yang telah terdaftar sebagai kepesertaan sebanyak 99,2 persen.

“Tahun ini kami mempunyai target nasional untuk kepesertaan UHC adalah 98 persen dan kita sudah beradabdi angka 97,27 persen dan Provinsi Bangka Belitung (Babel) sudah diangka 99,20 persen,” kata Kepala Bidang Peningkatan Mutu dan Layanan BPJS Kesehatan cabang Pangkalpinang, Gita Ramdani , saat membuka kegiatan Media Gathering Informasi Update Tentang Program JKN, Jumat (17/5/2024).

Dengan angka tersebut otomatis seluruh masyarakat Babel tercover BPJS Kesehatan walaupun masih ada sisa masyarakat sekian persen yang belum menjadi peserta JKN.

“Kami membutuhkan bantuan bapak dan ibu untuk bersama kami bergerak aktif untuk naiknya kepesertaan JKN, terlebih pada masa digitalisasi sekarang apa-apa itu viral, sehingga perlu peran media untuk menyampaikan informasi terkini dan terpercaya,” ujarnya.

Sinergitas antara BPJS Kesehatan dan media benar-benar sangat diperlukan agar dapat mencapai jaminan kesehatan nasional yang bermutu bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.

Hingga saat ini  Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan berjumlah 160 Fasilitas di Bangka Belitung, dengan rincian sebanyak 136 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan 24 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL).

Faskes tersebut terdiri dari rumah sakit, klinik utama dan faskes tingkat pertama, sementara dalam pengawasan Faskes-faskes tersebut sudah dilakukan rutin oleh BPJS Kesehatan.

“Namun lagi-lagi BPJS tidak bisa berdiri sendiri dalam melaksnakan program JKN, jadi mohon kepada rekan-rekan media  bantuannya untuk bersama mencapai program JKN yang bermutu berkelanjutan,” tutupnya. (dnd)