BPJS Kesehatan Wajibkan Penggunaan Mobile JKN untuk Layanan Kesehatan

PANGKALPINANG, LASPELA – BPJS Kesehatan Kota Pangkalpinang mengingatkan kepada pasien yang akan berobat baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) wajib menggunakan aplikasi Mobile JKN.

“Dengan mendaftarkan antrean berobat di Mobile JKN, pasien tidak perlu antre lagi di Faskesnya, karena sudah tertera nomor antrean dan jam berapa dilayaninya,” ujar Kepala Bidang Peningkatan Mutu dan Layanan BPJS Kesehatan cabang Pangkalpinang, Gita Ramdani, Jumat (17/5/2024).

BPJS sendiri menargetkan 30 persen pasien berobat menggunakan Mobile JKN, dan penggunaan masif aplikasi Mobile JKN ini sudah diterapkan mulai tahun ini.

“Tahun ini memang sudah mewajibkan seluruh faskes terutama FKRTL, jadi jika dari FKTP mau rujuk ke FKRTL itu wajib menggunakan mobile JKN dan rumah sakit wajib menerima pasien yang menggunakan mobile JKN. Kita targetkan 30 persen kunjungan itu mobile JKN,” jelasnya.

Jadi jika ada keluhan dari pasien lanjut usia bisa diakomodir 70 persen sisanya, atau bisa saja antrean melalui Moblie JKN dilakukan oleh anaknya. Sehingga ketika anak mengantarkan orang tuanya berobat, tidak menunggu lama.

“Tinggal check in, lalu menunggu sebentar dan dilayani langsung oleh dokter, setelah selesai tinggal menunggu resep obat lalu pulang. Mobile JKN ini memudahkan para pasien untuk berobat,” tukasnya.

Pihaknya pun telah secara masif menginfokan kepada seluruh Faskes serta rumah sakit, hingga ke Desa-desa, lalu pihak BPJS pun aktif menginfokan di akun Instagram BPJS @jknbabel. (dnd)