KPU Bangka Barat Lantik 30 PPK untuk Pilkada 2024, 70 Persen Anggota Lama

Pelantikan anggota PPK Kabupaten Bangka Barat, yang akan bertugas pada Pilkada 2024.

BANGKA BARAT, LASPELA — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat (Babar), Darjiyono resmi melantik 30 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan bertugas pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

Pelantikan berlangsung di Hotel Berkah Kalian Mentok, pada Kamis (16/5/2024) pagi ini, ikut dihadiri unsur Forkopimda Kabupaten Bangka Barat.

Ketua KPU Babar, Darjiyono mengatakan PPK yang dilantik ini, rata-rata masih disini oleh anggota PPK yang bertugas pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 lalu.

“Sekitar 60 sampai 70 persen anggota yang lama, dengan harapan masa tahapan yang pendek ini kawan-kawan yang baru dapat menyesuaikan biar pilkada berjalan sukses,” katanya, Kamis (16/5/2024).

Meskipun masih diisi orang yang lama, Darjiyono mengatakan pihaknya sudah melakukan rekrutmen secara terbuka dan mengikuti serangkaian tes.

“Kemarin itu kita menggunakan dua metode seleksi, pertama seleksi tertulis dan yang kedua wawancara ya. Ketika seleksi tertulis hampir seluruh anggota PPK yang lama masuk,” ucapnya.

“Tetapi ketika dilakukan tes wawancara ada anggota (PPK lama) yang tidak bisa lagi bergabung, karena calon PPK yang baru ini mampu menjawab wawancara yang kita sampaikan,” kata Darjiyono.

Dikatakan Darjiyono, setelah dilakukan pelantikan ini, anggota PPK akan dibekali bimbingan teknis (bimtek) singkat, kemduian langsung melakukan seleksi terhadap peserta Panitia Pemungutan Suara (PPS) ditingkat Kelurahan/Desa.

“Tugas mereka membantu KPU, kita akan melibatkan PPK untuk membantu menyeleksi anggota PPS,” ujarnya.(oka)