Kota Pangkalpinang Curi Perhatian di HKG PKK ke-52 di Solo

SURAKARTA, LASPELA – Tim Penggerak PKK Kota Pangkalpinang turut menghadiri dan menyemarakkan Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 dan Jambore Nasional Kader PKK tahun 2024 yang berlangsung di Solo.

Ada berbagai perlombaan yang digelar mulai dari parade nusantara, paduan suara hingga pemberian Penghargaan Adhi Bhakti. PKK Pangkalpinang mengikuti dua lomba yakni lomba paduan suara dan lomba cerdas cermat, yang mewakili Provinsi Bangka Belitung.

“Dari enam jenis perlombaan yang diadakan, PKK Kota Pangkalpinang mengikuti dua lomba yakni lomba paduan suara dan lomba cerdas cermat, yang mewakili Provinsi Bangka Belitung, lalu di
HKG tahun 2024 ini adanya pemberian Penghargaan Adhi Bhakti,” ujarnya, Kamis (16/5/2024).

Penghargaan ini meliputi Adhi Bhakti Utama, Madya dan Pratama. Sementara untuk Kota Pangkalpinang, kader yang mendapatkan penghargaan tersebut yakni, Sri Asmawati, mendapatkan Penghargaan Adhi Bhakti Utama.

“Kota Pangkalpinang menjadi satu-satunya penerima Penghargaan Adhi Bhakti Utama di Provinsi Bangka Belitung. Pangkalpinang termasuk satu dari 21 TP PKK yang mendapatkan penghargaan Adhi Bhakti Utama,” tuturnya.

Tidak hanya itu, Dekranasda Kota Pangkalpinang mengikuti Hari Ulang Tahun Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-44 yang digelar di Surakarta, Jawa Tengah. Dekranasda yang dikomandoi oleh Zumalia Mie Go ini, ikut menyemarakkan parade mobil hias.

Dengan menampilkan ikon Kota Pangkalpinang, mobil hias tersebut tampil menarik dan disambut meriah oleh warga yang menyaksikan.

Mobil hias dari Dekranasda Kota Pangkalpinang ini pun diiringi oleh pengiring yang menggunakan baju batik motif nol kilometre yang merupakan batik khas Kota Pangkalpinang. Parade ini disaksikan langsung oleh Iriana Joko Widodo yang menjadi tamu kehormatan di panggung utama.

HUT ke-44 Dekranas ini digelar menjadi satu rangkaian dengan hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 dan Jambore Nasional Kader PKK. Puncak acara HUT Dekranas ini berlangsung di Hotel Alila, Surakarta. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Ketua Dekranasda kota, kabupaten dan provinsi. (rls/dnd)