Tunaikan Ibadah Haji, Aksan Visyawan Doakan Babel Dapat Pemimpin yang Amanah pada Pilkada 2024

PANGKALPINANG, LASPELA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Aksan Visyawan menjadi salah satu jamaah calon haji (calhaj) kloter ke 4 asal Provinsi Babel.

“Alhamdulillah dapat kembali diberikan kesempatan untuk menjadi tamu Allah di Baitulah. Dan dalam keberangkatan ke tanah suci kali ini juga turut membawa istri tercinta yakni Tanti,” ujar Aksan di Asrama Haji Babel, Rabu pagi (15/5/2024).

Dia menyebutkan, sebelumnya sudah mendaftar haji tahun 2012 lalu, dan seharusnya sudah berangkat 2 tahun lalu, namun ditunda karena kondisi pandemi Covid-19 pada saat itu.

“Saya juga sempat menjadi Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) pada tahun 2015 silam, dan ini menjadi bekal bagi saya untuk berbagi pengalaman bagi jemaah calon haji pada musim haji tahun 2024 ini,” katanya.

Dirinya mengungkapkan rasa syukur, karena melihat semangat antusias masyarakat muslim di Babel untuk bisa menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Meski saat ini kondisi ekonomi sedang merosot, namun tak menyurutkan semangat mereka.

Apalagi tingginya biaya berangkat haji menjadi permasalahan tersendiri bagi masyarakat, begitu juga dengan lamanya waktu menunggu keberangkatan haji.

Oleh sebab itu, politisi Babel ini berharap Pemerintah dapat berkoordinasi lebih intens lagi dengan Pemerintah Arab Saudi terkait kuota jemaah calon haji. Sehingga kedepannya tidak banyak daftar tunggu bagi masyarakat yang ingin berhaji.

“Termasuk biaya, yang tadinya berkisar Rp30 – 45 juta sekarang naik hampir 50 persen, ini jadi kendala sendiri bagi masyarakat yang berniat menunaikan haji. Jika bisa, Pemerintah dapat menurunkan biaya haji kedepannya, supaya niat masyarakat menunaikan rukun ke lima ini dapat tercapai,” ungkap Politisi PKS yang kini kembali terpilih sebagai anggota DPRD Babel periode 2024-2029 ini.

Selain itu, musim haji tahun 2024 ini juga berkenaan dengan tahun politik di Indonesia, terkhusus lagi dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang bakal dilaksanakan pada November mendatang.

Maka dari itu, berkesempatan dapat menunaikan ibadah haji, Aksan menambahkan akan berdoa untuk Babel, supaya dapat terpilih dan dipimpin oleh pemimpin yang amanah serta memajukan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat.

“Iya saya juga akan berdoa untuk Babel, supaya daerah ini dapat maju, makmur sehingga masyarakat hidup dengan sejahtera,” tutupnya.(chu)