Berdampak untuk Ekonomi Masyarakat, Erzaldi dan Sukirman Apresiasi Bonsai Bangka Fest 2024

Erzaldi dan Sukirman saat mengunjungi Bonsai Bangka Fest 2024, Selasa (14/5/2024) malam. Foto: Istimewa.

BANGKA BARAT, LASPELA– Mantan Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Roesman, bersama Bupati Bangka Barat (Babar) Sukirman, mengunjungi pameran Bangka Bonsai Fest 2024, di Museum Timah Indonesia (MTI) Mentok, Babar, pada Selasa (14/05/2024) malam.

Dua orang politisi itu, tampak antusias melihat berbagai jenis tanaman hias yang ditampilkan, pada pameran yang diinisiasi oleh Komunitas Pecinta Bonsai Kabupaten Bangka Barat.

Usai meninjau pameran, Erzaldi menilai kegiatan Bonsai Bangka Fest harus rutin terlaksana, karena akan berdampak luas terhadap ekonomi masyarakat, khususnya di Babar.

“Jadi, kegiatan-kegiatan seperti ini patut terus kita laksanakan, karena InsyaAllah akan berdampak luas kepada ekonomi masyarakat, khususnya di Bangka Barat,” ucapnya.

Selain itu, Erzaldi mengatakan bahwa dalam kondisi ekonomi sepi seperti saat ini, masyarakat harus kreatif dan konsisten.

“Jika dilakukan terus secara konsisten, saya yakin akan memberikan dampak yang signifikan untuk Bangka Barat. Kita harus kreatif saat ekonomi kita sepi seperti ini, ini bagus jadi inisiatif baru,” katanya.

Sementara itu, Sukirman mengatakan kegiatan Bonsai Bangka Fest sangat berdampak terhadap perekonomian masyarakat, karena dapat mendatangkan pengunjung yang bukan hanya dari Kabupaten Bangka Barat saja.

“Yang datang ini kan tidak hanya dari Bangka Barat, hampir se Bangka Belitung ini juga ikut berpartisipasi, setidaknya ada orang yang menginap di sini, UMKM juga terdampak,” katanya.

Sukirman berharap agar memelihara bonsai bukan hanya sekedar hobi, akan tetapi dengan sedikit sentuhan, dapat menambah nilai jual dari tanaman tersebut.

“Dari sekedar hobi, ini kan hampir di setiap desa memiliki (tanaman bonsai), tinggal kita bagaiamana mencari jalan dari bonsai yang biasa menjadi luar biasa, karena bonsai ini butuh sentuhan,” ucapnya.

Diketahui, Bonsai Bangka Fest berlangsung di halaman Museum Timah Indonesia Mentok, Kabupaten Bangka Barat hingga 18 Mei 2024 mendatang. (oka)