402 Peserta Ikuti Seleksi CAT untuk  PPS Pilkada 2024 Bangka Barat, Tiap Desa Butuh 3 Orang

Sejumlah peserta calon anggota PPS Kabupaten Bangka Barat, saat melakukan tes sistem CAT di SMA Negeri 1 Mentok.

BANGKA BARAT, LASPELA– Sebanyak 402 peserta dijadwalkan mengikuti seleksi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Tes akan berlangsung dari 15-18 Mei 2024 mendatang.

Ratusan peserta tersebut nantinya akan melakukan tugas pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dilaksanakan 27 November mendatang.

Anggota KPU Bangka Barat, Henny Afriana mengatakan, para peserta tersebut telah memenuhi persyaratan yang sebelumnya telah ditentukan.

“Sebelum telah kita lakukan verifikasi administrasi, kemudian hingga beberapa hari kedepan test CAT,” ucapnya, Rabu (15/5/2024).

Dikatakan Henny, setelah serangkaian seleksi dengan sistem CAT rampung sepenuhnya, KPU Bangka Barat bakal mengumumkan hasil tes tersebut pada 19-20 Mei 2024 mendatang.

“Kemudian dilanjutkan dengan tes wawancara di 21 hingga 23 Mei kedepan. Kemudian untuk sesi pelantikan itu di 26 Mei dan penetapan di 25 Mei 2024,” ujarnya.

Ratusan peserta tersebut, nantinya akan mengerucut dan dipilih sebanyak 198 orang untuk PPS di seluruh Kelurahan/Desa di 6 kecamatan yang ada di Bangka Barat.

“Kebutuhannya per kelurahan atau desa itu 3 orang, jadi se-Kabupaten Bangka Barat ada 66 desa atau kelurahan. Kebutuhannya kurang lebih 198 orang anggota PPS Bangka Barat,” ucapnya. (oka)