Lepas Calon Haji, Ridwan Pesan Jamaah Jaga Nama Baik Daerah

SUNGAILIAT, LASPELA — Sebanyak 24 calon haji asal Kecamatan Bakam dilepas secara resmi menuju asrama haji Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Selasa (14/5/2024).

Camat Bakam, Ridwan mengatakan puluhan calon haji tersebut terbagi dalam dua kelompok terbang (kloter) Bangka Belitung, yakni kloter 4 dan 5.

“Dari 24 calon haji ini sebanyak 18 orang akan mulai berangkat ke asrama haji pada hari ini tergabung dalam kloter 4, dan sisanya 6 jemaah akan berangkat 16 Mei mendatang tergabung dalam kloter 5,” kata Ridwan.

Menurutnya, pelepasan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan pemerintah kecamatan kepada para jemaah yang akan menjalankan ibadah haji ke tanah suci Mekkah.

“Kita lakukan ini sebagai bentuk dukungan moral sekaligus menyampaikan pesan-pesan kepada mereka agar bisa menjalankan ibadahnya dengan baik dan menjadi haji yang mabrur dan maburah,” ujarnya.

Mantan Kepala BPBD Bangka itu juga berpesan kepada seluruh calon haji khususnya Kecamatan Bakam untuk selalu menjaga kesehatan, menjaga nama baik daerah asal serta mematuhi segala tata tertib yang sudah diatur dalam rangkaian ibadah haji tahun 2024 ini.

Sebelumnya, Plh Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kankemenag Bangka, H Zakwan mengatakan, sebanyak 159 calon haji asal Kabupaten Bangka hari ini mulai masuk asrama haji Pangkalpinang.

“Hari ini sebagian calon haji kita dijadwalkan mulai masuk asrama, tetapi tidak ada acara seremonial pelepasan, kecuali mungkin dari masing-masing kecamatan yang melakukan itu,” kata Zakwan. (mah)