Lepas 281 Jemaah Haji, Pj Wali Kota Ingatkan Jaga Kondisi Kesehatan

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang Lusje Anneke Tabalujan melepas 281 jemaah haji asal Kota Pangkalpinang untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji tahun 2024. Pelepasan ini dipusatkan di Masjid Agung Kubah Timah, Selasa (14/5/2024).

Lusje mengingatkan para jemaah haji untuk menjaga kesehatan selama menjalankan ibadahnya. “Jaga kesehatan bapak dan ibu semua hanya itu pesan utama saya, karena ibadah haji ini juga ibadah fisiknya harus kuat,” pesannya.

Terlebih cuaca di tanah suci yang panas dan banyaknya jemaah dari negara lain dan harus berdesak-desakan selama ibadah, dan ia mengingatkan untuk para jemaah jangan lupa meminum vitamin.

“Sebelum keberangkatan, jemaah haji kan sudah mengikuti bimbingan manasik haji, yaitu pelatihan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, seluruh rangkaian manasik haji sudah dilakukan, para jemaah sudah dibekali tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji,” tuturnya.

Lusje memastikan jika kesehataan jemaah haji sudah diperiksa bertahap dan jemaah haji yang berangkat telah dipastikan memiliki kondisi kesehatan yang baik.

“Untuk jemaah lansia jangan tidak mau pakai kursi roda, karena pakai kursi roda ini akan sangat membantu tidak akan mengurangi khidmatnya beribadah, masing-masing sudah ada pendampingnya, jadi dari sini kita doakan selalu kesehatan untuk para jemaah,”  tutupnya. (dnd)