Prediksi BMKG, Mei hingga Juni Intensitas Hujan Berkurang

(foto: ilustrasi hujan)

PANGKALPINANG, LASPELA – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bangka Belitung (Babel) memprediksi  bulan Mei dan Juni intensitas hujan akan berkurang hingga menjelang musim kemarau pada Agustus 2024 mendatang.

Koordinator Bidang Data dan Informasi
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang Kurniaji menuturkan, saat ini pada awal bulan Mei hingga tanggal 10 Mei 2024, intensitas hujan akan sering terjadi, akan tetapi dari tanggal 11 hingga 31 Mei 2024 diprediksi hujan akan semakin berkurang.

“Khususnya untuk wilayah Kabupaten Bangka, Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Tengah, dengan intensitas curah hujan diprakirakan maksimal hanya 75 mm dalam 1 dasarian,” katanya, Selasa (7/5/2024).

Bulan Juni 2024 di Babel akan terus mengalami pengurangan intensitas hujan dan pada akhir Juni sebagian besar wilayah pulau Bangka akan memasuki kemarau, sampai dengan puncak kemarau pada Agustus 2024.

El Nino secara gradual turun terus dari periode sebelumnya, dapat dilihat dari  periode sebelumnya. “Kami memprediksi El Nino secara gradual akan beralih menjadi Netral mulai Mei, Juni, Juli 2024,” tukasnya.(dnd)