Penyakit Gondongan Merebak, Dinkes Imbau Masyarakat Jaga Tahan Tubuh

PANGKALPINANG, LASPELA – Penyakit bengkak babi atau juga penyakit gondongan akhir-akhir ini mulai dikeluhkan masyarakat Kota Pangkalpinang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pangkalpinang, dr. Masagus Hakim menuturkan saat ini penyakit gondongan memang ditemukan namun tidak banyak, malah hampir tidak ada menurut data dari Puskesmas.

“Penyakit ini adalah penyakit yang diakibatkan oleh virus dan dapat terjadi pada semua umur paling banyak dialami anak-anak. Untuk di Kota Pangkalpinang hampir tidak ada,” katanya, Selasa (7/5/2024).

Tingkat bahaya penyakit ini juga tergantung dari daya tahan tubuh, jika stamina tubuh  bagus maka penyakit ini dapat sembuh tanpa perawatan serius.

“Untuk penyakit ini bisa dicegah melalui imunisasi pilihan bukan imunisasi wajib, bagi orang-orang yang mau imunisasi itu ada pelayanan nya, namun  tidak pada pelayanan imunisasi wajib,” ujarnya.

Penyakit ini pun tidak perlu terlalu dikhawatirkan, asalkan tepat dalam perawatan, rutin minum obat yang diresepkan dokter dan mengubah pola hidup lebih baik maka akan menambah imun tubuh, sehingga penyakit ini cepat sembuh.

Selain penyakit ini, ia juga meminta masyarakat untuk menjaga kesehatan karena penyakit lain yang bisa mengingat kapan saja.

“Pencemaran lingkungan melalui pencemaran sungai kemungkinan akan berdampak pada kesehatan masyarakat, seperti diare. Sementara untuk penyakit saluran pernafasan yang diakibatkan oleh bau TPA hingga saat ini belum ada laporan dari Puskesmas terkait penyakit yang berhubungan, sementara untuk bau itu larinya ke polusi udara,” tutupnya. (dnd)