DKUKM Babel Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Asing Pelaku UMKM

PANGKALPINANG, LASPELA – Kepala UPTD Balatkop UMKM Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DKUMK) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membekali  30 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam pengembangan kompetensi bahasa Inggris di UPTD Balatkop UMKM Babel.

Kepala UPTD Balatkop UMKM Dinas Koperasi dan UKM Babel, Martinawati mengatakan pelatihan ini akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 6-8 Mei 2024 dengan instruktur dari Tim Kampung Inggris Babel. Bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan aksesibilitas pasar global bagi pelaku UMKM..

“Kemampuan berbahasa inggris tidak lagi menjadi pilihan melainkan kebutuhan mutlak, terutama bagi para pelaku UMKM. Penguasaan bahasa asing bagi pelaku UMKM dianggap sangat penting untuk membantu meningkatkan keuntungan bagi pelaku UMKM,” katanya.

“Pelatihan itu diharapkan dapat membuka peluang pelaku UMKM Babel untuk menembus pasar global,” tambah Martinawati.

Selain itu, penguasaan bahasa Inggris penting untuk lebih memberdayakan para pelaku UMKM, sebab UMKM berperan besar dalam gerak roda perekonomian lokal. Pelatihan tersebut untuk UMKM tidak hanya memberikan keterampilan komunikasi yang diperlukan berinteraksi dengan pasar global, tetapi juga membuka pintu kesempatan baru untuk pertumbuhan dan perkembangan usahanya.

“Dapat berdampak terhadap pertumbuhan usaha kecil dan menengah dan menembus pasar global,” imbuhnya.

Dengan mengusasi bahasa Inggris, pelaku UMKM dapat dengan lebih mudah menjalin hubungan bisnis dengan mitra internasional. Karena bahasa Inggris adalah bahasa universal dalam dunia bisnis, dan kemampuan berkomunikasi dengan baik dalam bahasa tersebut membuka pintu akses ke pasar global yang lebih luas.

“Bahasa Inggris akan memudahkan UMKM berkomunikasi dengan mitra dari luar nergeri dan dapat dengan lebih lancar menjalin kerja sama dan memperluas jaringan dengan pelaku bisnis dari berbagai negara,” sebutnya.

Penguasaan bahasa Inggris juga dapat mempermudah komunikasi dengan klien dan mitra bisnis. Keterampilan komunikasi yang baik dalam bahasa inggris memungkinkan umkm untuk lebih efektif berkomunikasi dengan klien dan mitra bisnis internasional. Selain itu juga dapat meningkatkan daya saing pelaku UMKM.

“Kemampuan berbahasa inggris ini akan sangat membantu dalam negosiasi kontrak, presentasi produk atau layanan, dan penanganan keluhan atau masalah dengan pelanggan global. Dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif, kemampuan berbahasa Inggris dapat menjadi keunggulan kompetitif bagi UMKM,” tambahnya.(chu)