Tahun Ini, Ratusan Guru di Bangka Bakal Pensiun

 

SUNGAILIAT, LASPELA — Sebanyak 122 Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka akan mengakhiri masa tugasnya atau pensiun di tahun 2024 ini.

Kepala Bidang (Kabid) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dindikpora Bangka Zarkoni mengatakan, dari 122 guru tersebut, sebanyak 24 orang terdata sebagai kepala sekolah di jenjang SD dan SMP.

“Tahun ini banyak guru PNS kita yang akan pensiun 122 orang, 24 orang kepala sekolah,” kata Zarkoni, Senin (29/4/2024).

Kendati dalam beberapa tahun ini menerima seleksi PPPK guru, namun masih belum bisa memenuhi kekosongan guru yang pensiun.

“Karena guru PPPK yang dilantik setiap tahun itu status mereka memang sudah tercatat, hanya berubah status, tapi tak bisa menutup kekurangan dari guru pensiun,” ujarnya.

Namun kata dia, ada beberapa guru honor swasta yang sudah lulus seleksi pra jabatan di Kementerian, namun jumlahnya tak terlalu banyak bahkan tidak sampai 25 persen.

“Ini yang akan menutupi, mereka alih tugas dari guru swasta atau non guru yang sudah ikut PPG pra jabatan,” ucapnya.

Sementara itu, Kadindikpora Bangka Rozali mengakui kebutuhan guru di Bangka masih banyak yang kurang.

“PNS banyak yang pensiun, untuk jabatan-jabatan strategis ini yang kita agak repot, seperti kepala sekolah, karena guru PPPK sampai saat ini belum memiliki aturan untuk memegang jabatan,” tutupnya. (mah)