Puskesmas Sungailiat Layani Vaksin Meningitis bagi Calon Haji

SUNGAILIAT, LASPELA –Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sungailiat Kabupaten Bangka melayani vaksinasi meningitis bagi calon haji di daerah itu.

Kepala Puskesmas Sungailiat, drg M Alamsyah mengatakan, vaksinasi meningitis dilakukan sebagai salah perlindungan spesifik kepada calon haji terjadap gangguan kondisi tertentu (penyakit) saat menjalankan ibadah nantinya.

“Di Puskesmas kita ini yang daftar vaksinasi meningitis sebanyak 54 orang calon jemaah haji, untuk pelaksanaannya dilakukan secara opsional atau tak tentu waktu. Siapa yang datang kita lakukan vaksinasi,” kata Alamsyah, Rabu (24/4/2024).

Kendati demikian, ia mengakui sampai saat ini belum ada calon haji yang melakukan vaksinasi di Puskesmas tersebut.

“Belum ada sampai saat ini, kita stanby di jam kerja, siapa yang datang kita layani,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kasi Penyelenggaran Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka H Zakwan mengatakan, calon jemaah haji saat ini sudah melakukan pemeriksaan kesehatan, yang menjadi salah satu syarat pelunasan biaya haji

“Hasil kesehatan ini akan masuk aplikasi Siskohatkes yang menentukan apakah bisa berangkat, jika dinyatakan layak baru dibuka pelunasannya, dan terakhir akan mendapatkan vaskinasi meningitis,” ucapnya.

Dia menyebut, semua calon jemaah haji asal Kabupaten Bangka sebanyak 314 orang dinyatakan siap untuk berangkat ke Tanah Suci Mekkah pada musim haji tahun ini. (mah)