UKM Mahacita Polman Babel Kembali Gelar Lomba Lintas Alam Tingkat Nasional, Buruan Daftar!

 

SUNGAILIAT, LASPELA — Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahacita Polman Babel kembali menggelar Lomba Lintas Alam 2024 tingkat nasional.

Rencananya, kegiatan tersebut akan digelar pada Minggu (12/5/2024) mendatang yang akan dipusatkan di sekitaran Pantai Tikus Emas Sungailiat.

Sebelumnya, kegiatan ini sudah dilaksanakan sebanyak 14 kali, dan yang ke-15 dilaksanakan di tahun ini dengan mengusung tema “Abiwara Eka Panca, Ayo Bersama Ikut Wujudkan Aksi Gerakan Eksplorasi Panorama Cakrawala Alam”. Dimana tema tersebut memiliki makna pengatahuan yang luas termasuk pengetahuan tentang alam.

Ketua Pelaksana, Raizaki Amriza mengatakan, Lomba Lintas Alam 2024 ini diadakan dengan skala nasional, dikarenakan melihat euforia di tahun sebelumnya dan menjadi tujuan untuk mengajak para pemuda/pemudi dan masyarakat agar aktif dalam menjaga dan melestarikan alam.

“Pada tahun kemarin, para peserta sangat antusias dan terkesan dengan kegiatan Lomba Lintas Alam yang diselenggarakan di skala nasional. Sehingga pada tahun ini, lomba lintas alam dibuat dengan tujuan untuk menjaga serta melestarikan alam,” katanya, Selasa (23/4/2024).

Selain itu, kata Raizaki, kegiatan ini menjadikan para generasi muda untuk mengetahui tentang alam agar dirawat dan pelihara sebagaimana mestinya.

“Tujuannya membuat para peserta sadar akan lingkungan disekitarnya agar dirawat, dan membuat potensi pariwisata di pulau Bangka diketahui masyarakat luas,” ujarnya.

Nantinya, kegiatan Lomba Lintas Alam ini meliputi hiking, penyusuran pantai, game, hiburan dan pembagian hadiah.

“Ada juga UMKM-UMKM yang berjualan di lokasi perlombaan, apabila ada peserta yang ingin membeli konsumsi ataupun cemilan di luar yang telah disediakan oleh panitia,” ujarnya.

Untuk pendaftaran Lomba Lintas Alam 2024 mulai dibuka Jumat (19/04/2024) di Student Center Polmanbabel atau melalui Contact Person yang ada, dengan biaya pendaftaran sebesar Rp160 ribu per tim.

Dari nominal itu, peserta akan mendapatkan berbagai macam fasilitas, seperti makan siang, piagam penghargaan, snack, stiker, dan bagi peserta dari luar Pulau Bangka disiapkan alternatif penginapan, baik di Camping Ground ataupun di mess yang telah disediakan.

Dalam satu tim terdiri dari lima orang, dan terbagi menjadi dua kategori, yaitu kategori putra dan kategori putri bisa diikuti mulai dari kalangan siswa/i SMA/SMK, Mapala, KPA dan masyarakat umum lainnya.

Sementara untuk Technical Meeting akan diadakan pada Jumat (10/05/2024) mendatang. (mah)