Sebanyak 314 Calhaj Asal Bangka Siap Diberangkatkan ke Tanah Suci

 

SUNGAILIAT, LASPELA — Sebanyak 314 calon jamaah haji asal Kabupaten Bangka siap diberangkatkan ke tanah suci Mekkah pada musim haji 1445 H/ 2024 M.

Plt Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kemenag Bangka H Zakwan mengatakan, ratusan calon haji tersebut akan diberangkatkan pada pertengahan Mei 2024 mendatang.

Kesiapan pemberangkatan ini terlihat dari berbagai kegiatan yang diikuti, seperti pelaksanaan manasik haji di kecamatan-kecamatan yang saat ini sedang berlangsung.

“InsyaAllah seluruh calon jemaah haji asal Kabupaten Bangka sudah siap diberangkatkan pada pertengah Mei mendatang,” kata Zakwan, Selasa (23/4/2024).

Ia mengatakan, dalam 10 tahun terakhir kuota ini merupakan yang paling banyak, termasuk dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Selain itu, kata Zakwan, semua calon jamaah haji ini juga sudah dinyatakan memenuhi syarat dan ketentuan terkait keberangkatan, seperti pelunasan biaya haji serta syarat-syarat kesehatan.

“Berdasarkan jadwal, calon jemaah haji kita masuk di kloter 4 dan 5, yang akan mulai masuk ke asrama Haji Bangka Belitung pada 14 Mei 2024 dan diberangkatkan 15 Mei 2024,” ujarnya. (mah)