Ajak Masyarakat Berlangganan Angkut Sampah, Lusje: Jangan Biarkan Pangkalpinang Kotor

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Pangkalpinang untuk berlangganan ke mobil pink atau mobil pengangkut sampah yang dipegang oleh kelurahan di wilayah masing-masing.

Lusje menuturkan, jika kebersihan Kota Pangkalpinang menjadi tugas bersama, jangan biarkan sampah memenuhi Kota Pangkalpinang.

“Berlangganan lah dengan mobil pink yang ada di kelurahan untuk mengangkut sampah, jangan sampahnya dibuang sembarangan, jagalah lingkungannya masing-masing,” pintanya, Selasa (24/4/2024).

Lusje tidak memungkiri jika Pangkalpinang masih jauh dari kata nyaman untuk permasalahan persampahan, sehingga perlunya peran masyarakat untuk dapat melapor jika ada tumpukan sampah yang berada bukan  pada titiknya.

“Kalau masih lihat tumpukan sampah di jalan yang sebenarnya bukan tempat sampat tapi tiba-tiba ada tempat sampah, beritahu perangkat Kelurahannya bahwa sampah di situ menumpuk, jika masyarakat langsung melaporkan nanti dari pihak kelurahan langsung untuk mengangkut sampah tersebut,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pangkalpinang, Bartholomeus Soeharto mengatakan jika perlunya kerja sama antarsemua pihak agar Pangkalpinang menjadi jauh lebih indah.

Ssoeharto mengaku jika setiap ada laporan, pihaknya selalu sigap untuk langsung membersihkan namun tumpukan sampah selalu ada lagi.

“Mobil Pink sudah diberikan kepada setiap kelurahan, jadi tidak ada alasan untuk buang sampah sembarangan sebetulnya. Kami juga sudah menegaskan kepada pihak kelurahan kalau butuh bantuan kami dari DLH kami siap,” pungkasnya. (dnd)