Perempuan di Babel Dinilai Setara dengan Kaum Adam, Berkiprah pada Semua Bidang

* Jumlah Perempuan Parlemen Meningkat

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat (Pj) Gubernur Babel Safrizal Zakaria Ali menilai tingkat emansipasi wanita di Provinsi Babel (Babel) sudah hampir sama dengan pria. Sebab tidak ada lapangan pekerjaan atau dunia kiprah yang melarang kaum perempuan untuk mengambil peran.

Hal ini ia katakan pada kegiatan Puncak Peringatan Hari Kartini di Provinsi Babel di Swiss Belhotel Pangkalpinang, Senin (22/4/2024).

Hal ini terbukti tidak ada lagi perempuan yang lenggak-lenggok tapi perempuan representasi semangat perjuangan dan ketangguhan, perempuan bukan soal lenggak-lenggok di atas pentas tetapi adalah representasi dari pada ide-ide cerdas bagi keluarga.

Lanjutnya, dalam semua lapangan profesi atau pengabdian, perempuan dapat mengambil peran termasuk di politik.

“Biasanya perempuan menghindari politik, hari ini justru perempuan mengambil peran. Bahkan tahun ini DPD, DPR RI ada perempuan, bahkan DPRD Provinsi ada 9 orang 20 persen,” jelasnya.

Tantangan ke depannya perempuan, disampaikan Safrizal, harus proaktif dan bisa memahami sosok perempuan tidak hanya dari sisi ibu rumah tangga, tapi mampu menembus aktivitas yang lain yang tidak mengurangi kodratnya sebagai perempuan.

“Alhamdulillah tahun ini anggota dewan di provinsi itu InsyaAllah  semakin membaik perempuan-perempuan di parlemen. Ini bahwa usaha kita selama ini dalam memberikan motivasi dan menggiatkan perempuan agar lebih setara dengan laki-laki, terbukti,” ungkapnya.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) mendorong kiprah perempuan dalam mengisi pembangunan di Babel.

“Semangat peringatan Hari Kartini bukan hanya semangat melindungi perempuan tetapi lebih kepada semangat perempuan tangguh yang mengisi pembangunan dan berinisiasi pembangunan,” tutup Safrizal.(chu)