Buka Pendaftaran Balon Wali Kota dan Wawako, PDI Perjuangan Tegaskan Tak Ada Mahar Politik

PANGKALPINANG, LASPELA – Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kota Pangkalpinang  mulai membuka pendaftaran bakal calon (balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pangkalpinang  hingga 18 Mei 2024.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Pangkalpinang, Abang Hertza mengatakan jika pembukaan pendaftaran ini terbuka untuk umum, tidak ada spesifikasi khusus pada calon-calon tertentu.

“Berapa pun yang terdaftar dan serius mengembalikan formulir PDI Perjuangan, itu akan kita sampaikan ke DPD Bangka Belitung (Babel) dan langkah selanjutnya adalah kebijakan DPP partai dan yang biasanya dilakukan uji kelayakan dan kepatutan,” ujarnya, Minggu (21/4/2024).

Abang juga menegaskan jika pendaftaran tidak dipungut biaya satu perak pun, baik untuk formulir dan tahapan-tahapan lainnya, sehingga tidak ada mahar politik di PDI Perjuangan.

“Terpenting itu ialah keseriusan dari calon untuk komitmen PDI Perjuangan. Jadi PDI Perjuangan tidak ada mahar politik yang ada itu janji politik calon untuk mensejahterakan masyarakat kita,” katanya.

Pihaknya pun tidak membatasi jumlah yang mau mendaftar, semakin banyak yang daftar maka semakin bagus sehingga pihaknya bisa leluasa memilih calon wali kota dan wakil wali kota. “Namun kan hanya satu pasangan yang akan kita pilih, yang nantinya sudah kita pilih dari hasil penjaringan,” ujarnya.

Ia juga menuturkan tidak menutup kemungkinan jika PDI Perjuangan untuk berkoalisi dengan partai lain.

“Saya yakin dan percaya kawan-kawan di partai lain pun mempunyai visi dan misi yang sama beriring dan berjalan bersama PDI Perjuangan, memiliki ide dan ideologi yang sama, saya rasa akan ada kawan-kawan yang akan berkoalisi kepada kita,” tutupnya. (dnd)