BPBD Ingatkan Masyarakat  Tetap Waspada Potensi Bencana

PANGKALPINANG, LASPELA – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang, Dedi Revandi meminta masyarakat tetap waspada meski saat ini tidak berpotensi terjadi bencana.

Dedi menuturkan, jika saat ini cuaca di Pangkalpinang memang ekstrem kadang terlampau terik lalu tiba-tiba hujan, namun bencana seperti banjir saat ini dikatakannya belum terjadi.

“Kota Pangkalpinang ini masih tergantung dari pasang surutnya air laut pada saat air laut surut hujan selebat apapun hanya meninggalkan genangan,” katanya, Minggu (21/4/2024).

Sementara untuk laporan warga terkait angin puting beliung atau angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang atau rumah roboh sampai saat ini tidak ada, akan tetapi pihaknya tetap siap siaga jika terjadi bencana tersebut.

“Kami harap jika terjadi bencana, masyarakat langsung melaporkan, kami juga telah menyiapkan bantuan seperti seng, asbes, balok kayu atau paku, bantuan yang sifatnya sementara,” tukasnya.

Untuk ketersediaan bantuan bahan material tersebut pun dikatakan persediaannya masih aman. Tidak hanya itu bencana kekeringan pun dikatakan Dedi tidak separah tahun kemarin, karena tahun 2024 udara lebih lembab dibandingkan tahun 2023 lalu.

“Namun meski begitu, masyarakat harus tetap waspada, jika terjadi hujan yang cukup deras bagi mereka yang sedang di jalan berhenti dulu lah, lalu yang di rumah dan  rawan air tergenang untuk mengamankan barang-barang berharganya terlebih dahulu,” pintanya. (dnd)