Alun-Alun Kota Pangkalpinang Dirasa Kian Semrawut

*DLH Ajak Bappeda Lakukan Perencanaan

PANGKALPINANG, LASPELA – Wahana bermain anak dan pedagang makanan yang tumpah ruah di Alun-Alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang kini terkesan semakin semerawut dan tidak tertata rapi.

Letak arena bermain dan pedagang yang berjualan pun tak beraturan, bahkan untuk sekedar berjalan kaki saja pengunjung harus berhati-hati karena lapak pedagang sudah berhamburan.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pangkalpinang, Andy Andriadoria, mengatakan jika kebersihan dan kerapian Alun-Alun Taman Merdeka menjadi tugas bersama.

“Terutama bagi para pedagang dan wahana bermain anak-anak, seperti yang kita ketahui bahwa Alun-Alun Taman Merdeka merupakan salah satu ruang terbuka publik di Pangkalpinang,” ujarnya, Jumat (19/4/2024).

Keindahan dan kebersihan Alun-Alun Taman Merdeka menjadi salah satu ikon Kota Pangkalpinang dan menjadi tempat publik yang paling sering dikunjungi, diharapkan ATM dapat secara optimal memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan OPD terkait yaitu BAPPEDA, untuk melakukan perencanaan pembangunan daerah secara berkelanjutan, khususnya menyediakan ruang terbuka publik lainnya yang dapat dimanfaatkan masyarakat, baik untuk sekedar nyantai atau menjadi tempat para pedagang UMKM berjualan,” katanya.

Hal ini juga bertujuan untuk memecah tingkat keramaian masyarakat, dengan memberikan pilihan lain bagi masyarakat untuk menikmati manfaat ruang terbuka publik di wilayah Kota Pangkalpinang. (dnd)