Usai Lebaran, Disdukcapil Langsung Diserbu Pembuatan KK dan KTP

PANGKALPINANG, LASPELA – Usai libur lebaran, Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang langsung diserbu masyarakat untuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), bahkan dari pagi masyarakat telah memenuhi ruang tunggu di Disdukcapil.

Kepala Disdukcapil Kota Pangkalpinang, Darwin menuturkan jika pelayanan sudah berjalan sejak hari Selasa kemarin. Menurut Darwin seusai lebaran ini masyarakat banyak membuat KK dan KTP baru.

“Biasanya setiap tahun usai libur lebaran pasti ramai masyarakat yang kembali mengurusi administrasi kependudukannya, dan paling banyak ialah kepengurusan KK dan KTP baru,” ujarnya, Kamis (19/4/2024).

Banyaknya masyarakat datang ini, dikarenakan adanya masyarakat yang mudik, sehingga momen ini dimanfaatkan masyarakat untuk memperbaharui KK dan KTP.

“Macam-macam pelayanan administrasi kependudukan seperti pindah KK, pembuatan KK baru, cetak KTP, ganti KTP rusak, perekaman KTP. Pas pulang ke sini mengurus administrasi kependudukannya, sehingga pasca lebaran seperti ini memang ramai,” ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukannya, jangan biarkan dokumen yang seharusnya diperbaharui namun lama tidak diperbaharui.

“Sebagai warga Indonesia yang baik, kita harus tertib Adminduk secara nasional dan terpadu, serta tersedianya data penduduk sebagai rujukan dasar dalam penyelenggaraan pembangunan dan kemasyarakatan. Mari masyarakat untuk datang dan perbaharui administrasinya,” pungkasnya. (dnd)