Rapat Penataan Pasar, Pemkot Berupaya Wujudkan Kenyamanan untuk Pedagang dan Pembeli

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Kota Pangkalpinang berupaya mewujudkan keamanan dan kenyamanan penjual dan pembeli di sejumlah pasar di Kota Pangkalpinang dengan melakukan penataan dan perbaikan.

Pejabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan bahkan memimpin langsung rapat penataan pasar bersama instansi terkait dan dihadiri oleh Forkopimda Kota Pangkalpinang.

Lusje mengatakan, rapat ini merupakan tindak lanjut dari rapat penataan pasar yang dilakukan sebelum-sebelumnya, terlebih pada saat Ramadan kemarin.

“Kita rapatkan lagi untuk tindak lanjutnya seperti apa, kita sepakati apa saja yang harus dilakukan,” ujarnya seusai rapat di ruang SRC Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Kamis (18/4/2024).

Ia juga menegaskan akan ada penertiban bagi masyarakat yang tetap berjualan di tempat yang bukan diperuntukkan untuk berjualan. “Pertama akan diberikan teguran dulu, lalu jika mereka tidak mengindahkan apa boleh buat maka akan ditindak,” tegasnya.

Alasan penertiban pasar sendiri untuk mewujudkan pasar yang rapi, bersih dan nyaman untuk masyarakat, baik bagi pedagang maupun pembeli. Ia menilai kondisi pasar saat ini belum nyaman.

“Pasar seharusnya nyaman ya, kalau sekarang bisa kita lihat masih perlu penataan secara berkala, pertama kita akan fokus terlebih dahulu ke Pasar Pagi, jadi kita lakukan satu-satu,” tuturnya.

Ia berharap kepada masyarakat, untuk jangan membeli dari pedagang yang berjualan di pinggir jalan, sehingga jika tidak ada yang beli diharapkan pedagang akan berpindah lapak yang sudah diperuntukkan untuk pedagang. (dnd)