Tahun 2024, Potensi Kekeringan di Kota Pangkalpinang Menurun Dibandingkan Tahun Lalu

PANGKALPINANG, LASPELA – Potensi kekeringan musim kemarau di Kota Pangkalpinang pada tahun 2024 menurun dari tahun sebelumnya. Berdasarkan prediksi BMKG cuaca kemarau pada tahun 2024 lebih lembab.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang, Dedi Revandi mengatakan sudah melakukan mitigasi daerah-daerah rawan bencana memasuki musim kemarau tahun 2024.

“Lebih lembab dibandingkan tahun kemarin sehingga potensi kekeringan bakal minim terjadi dan kemarau tidak sepanjang tahun kemarin. Tahun kemarin musim kemarau dimulai pada bulan Mei hingga September atau Oktober, tahun ini diprediksi Juni hingga Agustus,” katanya, Rabu (17/4/2024).

Meskipun begitu, pihaknya tetap siap siaga jika terjadi kekeringan pada musim kemarau nanti. Pihaknya siap mendistribusikan air bersih kepada masyarakat.  “Kami akan siap siaga untuk membantu masyarakat, jika ada laporan dari masyarakat terkait kekurangan air,” ujarnya.

Sementara untuk saat ini, ia mengaku belum ada laporan masyarakat yang terdampak dari musim penghujan. “Tapi kami imbau masyarakat untuk tetap waspada akan kemungkinan terjadi bencana alam, seperti angin kencang, pohon tumbang dan banjir,” ujarnya. (dnd)