OPD dan Kelurahan Terbersih Terima Penghargaan

* Lomba Kebersihan Periode Pertama Tahun 2024

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pangkalpinang memberikan penghargaan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kelurahan terbersih, pada Lomba Kebersihan yang rutin dilaksanakan setiap tiga bulan sekali.

Lomba Kebersihan ini dicanangkan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang untuk mewujudkan lingkungan Pemerintah Kota yang bersih, indah dan nyaman.

Pengumuman lomba kebersihan ini dilakukan saat Upacara Hari Kesadaran Nasional dan Halal Bil Halal yang diberlangsung di Halaman Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Rabu (17/4/2024).

Pj Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan menuturkan dengan lomba kebersihan ini dapat dilihat perubahan kebersihan yang dapat dilihat pada lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang, jauh lebih rapih dan bersih.

“Alhamdulillah teman-teman bisa lihat bahwa di Pangkalpinang itu bisa dibandingkan dengan tempat lain tingkat kebersihannya lumayan,” katanya.

Awalnya ketika ia baru menjabat, ia mengaku mendengar keluhan dari masyarakat jika Kantor Wali Kota kotor, sehingga ia mengintruksikan untuk menggelar lomba kebersihan.

“Dimana pada setiap Jumat kita menggelar gotong royong setiap di lingkup Pemerintah Kota, sehingga timbul kesadaran bagi para ASN dan PHL untuk menjaga kebersihan. Karena memang harus dipaksa, setelah dipaksa maka akan menjadi kebiasaan dan ketika sudah kebiasaan maka akan menjadi habbit,” tegasnya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh OPD dan Kelurahan serta Kecamatan untuk mengambil sampah jika ada tumpukkan sampah di wilayahnya, atau bisa menghubungi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk pengangkatan jumlah sampah yang besar.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Pangkalpinang, Bartholomeus Soeharto berharap kebersihan Kota Pangkalpinang menjadi tugas kita bersama.

“Bersama kita tidak membuang sampah sembarangan lagi sehingga tidak ditemukan lagi penumpukan sampah, dan kelurahan pun bisa gotong royong, dan kami DLH siap angkut kelurahan-kelurahan yang membutuhkan bantuan, kita siap bantu,” tuturnya.

Sementara itu Kecamatan Girimaya menjadi Perangkat Daerah terbersih dengan perolehan nilai 348, lalu Kecamatan Bukit Intan dengan nilai 330, Dinas Pendidikan 321, Setdako 299, Dinas DPMPTSP dan Naker 288 dan Bakeuda 274.

Sedangkan untuk Kelurahan Terbersih ialah Kelurahan Sriwijaya dengan perolehan nilai 68, lalu Gabek Satu 64, dan Bukit Sari 60.

Penyerahan penghargaan 1 unit sepeda ini kepada masing-masing OPD diserahkan langsung oleh Lusje, didampingi Soeharto dan Sekretaris Daerah (Sekda) Miego dam Asisten Pemerintahan dan Kesra Ahmad Subekti. (dnd)