Setelah Lebaran, Harga Cabai Turun

* Cabai Kriting Rp40.000 per Kilo

PANGKALPINANG, LASPELA – Setelah lebaran Idulfitri harga berbagai macam kebutuhan pokok terpantau turun, terutama harga cabai rawit dan cabai kriting. Jika sebelum lebaran harga cabai rawit berkisar Rp90 ribu hingga Rp100 ribu per kilogram, harga cabai rawit di Pasar Pagi saat ini terpantau Rp60 ribu per kilogram dengan harga per ons Rp7 ribu.

Salah satu pedagang, Sudirman mengatakan harga cabai memang menurun setelah lebaran, dan normal diangka Rp60 ribu per kilogram hingga Rp70 ribu per kilogram.

“Kalau cabai rawit saya jual Rp70 ribu per kilo, kalau cabi rawit Bangka Rp60 ribu per kilogram,” katanya, Selasa (16/4/2024).

Sementara cabai merah kriting dibandrol Rp40 ribu per kilogram dan cabai hijau Rp30 ribu per kilogram. Keadaan ini menurut Sudirman akan bertahan hingga dua atau tiga hari kedepan. “Biasanya selesai Ramadan orang belum pada nyari, jadi agak sepi peminat sehingga harga murah,” ujarnya.

Ia mengaku dalam sehari ia bisa menjual hingga 20 kilogram, namun pada saat Lebaran kemarin penjualannya bisa tembus 50 kilogram. “Karena pas lebaran kan banyak yang cari, jadi bisa tembus lah 50 kilogram sehari,” katanya.

Ia juga mengatakan jika penjualannya pada lebaran tahun kemarin bisa tembus 100 kilogram, meskipun omzet pada tahun ini menurun.

“Memang tidak sebanyak tahun lalu, ya disyukuri saja, Alhamdulillah,” tutupnya. (dnd)