Pembukaan Event Pariwisata Bekecak Basel, Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah

 

TOBOALI, LASPELA – Malam Pembukaan Event Pariwisata Behame Kite Pacak (Bekecak) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) di Lapangan Sport Center Pemkab Basel, berlangsung meriah.

Peresmian ditandai dengan menabuh gemderang beduk yang dilakukan Bupati Riza Herdavid, Wabup Debby Vita Dewi dan Forkopimda Basel lainnya.

Pada malam pembukaan ini juga dihadiri, Bupati Basel, wakil Bupati, Kasdim 0432/Basel, Kapolres Basel, Kepala OPD, Kejari Basel serta tamu undangan lainnya.

Event yang di selenggarakan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, pengenalan tempat wisata dan pemberdayaan para pelaku UMKM Basel.

Bupati Basel Riza Herdavid menyebutkan pembukaan event Pariwisata Bekecak sangat luar biasa dari antusias masyarakat menghadiri pembukaan event Pariwisata Bekecak Basel.

“Terlihat masyarakat sangat luar biasa sekali menghadiri serta supportnya pada event ini,” ujarnya, Senin malam (15/4/2024).

Ia mengklaim, Event Pariwisata Bekecak ini merupakan salah satu upaya Pemkab Basel dalam meningkatkan perekonomian, yakni dengan pemberdayaan UMKM, pengenalan pariwisata di Basel dan menarik minat para wisatawan.

Selain itu, kegiatan event ini juga sebagai memperingati HUT ke-21 Basel, namun dikemas untuk meningkatkan perekonomian di Basel terkhusus di sektor pariwisata dan pelaku UMKM.

“Dengan adanya event ini, kunjungan para wisatawan dari luar juga membuat ekonomi meningkat, hotel penuh, home stay dan para pedagang toko kelontong juga ikut meningkat penjualannya,” jelasnya.

Ia berharap dengan digelarnya even pariwisata bekecak dapat meningkatkan gairah perekonomian masyarakat.

“Dengan mengucap Basmallah event Pariwisata Bekecak secar resmi dibuka dan dengan adanya event ini perekonomian di Kabupaten meningkat luar biasa,” ujarnya.

Sementara, Ketua pelaksana sekaligus Kepala dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (DPKO) Basel Firmansyah menyebutkan, event ini merupakan agenda yang sangat luar biasa, pasalnya dalam 21 tahun semenjak berdirinya Kabupaten Basel ini banyak perubahan yang luar biasa di Basel.

“Sejak berdirinya Kabupaten Basel yang sudah ke 21 tahun ini, perubahan demi perubahan dari segi tata wajah kota Toboali sangat baik sekali,” ucapnya.

Dikatakannya, sudah beberapa tahun terakhir penataan wajah kota digalakkan mulai dari Himpang Lime, Tugu Adipura, Kulong Bakung, Himpang Nanas, Gerbang Udang Kota Toboali, Penataan Areal Perkantoran, Pedestrian Jalan Sudirman merupakan beberapa publik space yang sudah dibangun.

“Semoga melalui event ini para pelaku UMKM, pengusaha Hotel, home stay juga turut ramai untuk digunakan jasanya oleh para pengunjung dari luar Kabupaten Basel,” pungkasnya. (pra)