BMKG Prediksi Hujan Guyur Babel, Pemudik Diimbau Berhati-hati

 

PANGKALPINANG, LASPELA – Hari ini Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bangka Belitung (Babel) prediksikan cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan guyur Babel disertai kilat dan petir.

Hal ini sesuai dengan rilis dari BMKG, tertulis pada rilis tersebut jika Babel diprediksi akan hujan hingga pukul 21.50 WIB. Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang Kurniaji mengatakan jika pada 18.50 hujan akan terjadi di wilayah Muntok dan sekitarnya.

“Hujan ini dapat meluas pada Kabupaten Bangka, seperti Sungailiat, Belinyu, Merawang, Mendo Barat, Pemali, Bekam, Riau Silip, Puding Besar, lalu menyebar ke Kabupaten Belitung,” ujarnya, Minggu (14/4/2025).

Kondisi hujan ini terus menyebar ke Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Tengah dan Kota Pangkalpinang. Kurniaji mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berpergian untuk berhati-hati.

“Karena jalanan pasti licin, untuk kendaraan beroda dua diimbau untuk memakai jas hujan, jika hujan lebat disarankan untuk berhenti terlebih dahulu, dan untuk beroda empat atau truk dan bis untuk mengurangi kecepatan laju kendaraan saat hujan,” tuturnya. (dnd)