Berkat Pelatihan Operator Conveyor Belt Bambang Patijaya, Belasan Pemuda Babel Diterima Bekerja di Perusahaan Batubara

PANGKALPINANG, LASPELA – Sekelompok pemuda Bangka Belitung merasa beruntung bisa menangkap peluang yang dihadirkan anggota DPR RI Komisi VII, Fraksi Partai Golkar, Bambang Patijaya. Usai mengikuti pelatihan operator conveyor belt, lowongan kerja pun tersedia.

Fajar, 18 tahun, lega, ketika mendapati adanya panggilan kerja. Dia segera memiliki pekerjaan tetap dan berpenghasilan sendiri.

Bersama 12 rekan lainnya asal Babel sesama alumni pelatihan operator conveyor belt yang diselenggarakan di Sawahlunto, Sumatera Barat, Fajar segera berangkat memenuhi panggilan kerja di Kalimantan Selatan. Mereka diterima di perusahaan tambang batubara.

“Alhamdulillah, ini kami selepas pelatihan operator conveyor belt, bisa langsung dapat pekerjaan,” ujar Fajar, Jumat, (12/4/2024).

Ungkapan kegembiraan senada, disampaikan Egi. Pemuda asal Kampung Asam, Pangkalpinang, itu menyatakan dirinya beruntung ketika menangkap peluang pelatihan operator conveyor belt.

“Saya beruntung ikut pelatihan itu. Alhamdulillah, hasilnya langsung terasa, panggilan kerja pun kami dapatkan. Minggu depan kami berangkat ke Batulicin, Kalimantan,” ujar dia.

Pada awal 2024, Bambang Patijaya mengirimkan 13 orang pemuda yang berani menangkap peluang pelatihan operator conveyor belt, di sebuah balai pelatihan di Sawahlunto, Sumatera Barat. Di sana, para pemuda itu mempelajari seluk-beluk conveyor belt atau media yang berupa sabuk yang digunakan untuk mengangkut beberapa unit material dalam kapasitas yang cukup besar. Conveyor belt ini bisa digunakan untuk mengangkut berbagai material seperti pasir, semen, batubara, dan lain-lain.

Bambang Patijaya mengungkapkan rasa bangga karena para pemuda yang dikirimkan mengikuti pelatihan kerja ini bisa memperoleh panggilan kerja.

“Saya merasa bangga, senang dan terharu, bahwa beberapa pemuda yang kita kirimkan untuk mengikuti pelatihan di gelombang kedua ini sebanyak 14 orang, mendapat pekerjaan di Kalimantan Selatan, di perusahaan batu bara. Hal ini menunjukkan bahwa sumber daya manusia di Bangka Belitung juga bisa bekerja di luar, jika memang mereka dilatih, diberikan keterampilan, mereka bisa bekerja dimanapun di Indonesia,” ujar Legislator asal Babel ini.

Ia berpesan agar para pemuda yang mendapat kesempatan ini, dapat bersungguh-sungguh dan tekun dalam menjalani pekerjaannya, dan tetap meningkatkan keahlian mereka.

“Pandai-pandai lah membawa diri, jangan nakal. Bekerja sungguh-sungguh, dan manfaatkan setiap kesempatan untuk terus meng upgrade kemampuan yang dimiliki,” pesan Bambang Patijaya.

Sekretaris Jendral Partai Golkar, Edi Iskandar menyebutkan bahwa Bambang Patijaya telah dua kali menngirimkan para pemuda Babel untuk mengikuti pelatihan terkait tambang di Sawahlunto Sumatera Barat.

“Yang dipanggil kerja di Kalimantan ini, merupakan rombongan pelatihan kedua, yakni pelatihan operator tambang. Dari 14 pemuda yang mengikuti pelatihan, 13 orang yang berangkat ke Kalimantan Selatan. Untuk rombongan pertama Pelatihan Survey. Lokasi pelatihannya juga sama di Sawah Lunto. Mereka dilatih selama 15 hari,” ujar Edi.(**)