Libur Lebaran, Dindikbud Imbau Siswa-siswi Jaga Ketertiban Umum

 

PANGKALPINANG, LASPELA – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Pangkalpinang, Erwandy mengimbau kepada seluruh siswa dan siswi di Kota Pangkalpinang untuk dapat menjaga ketertiban umum pada libur lebaran.

Siswa-siswi diharapkan untuk berkegiatan positif menjelang hari raya, khususnya pada malam takbiran. “Selama libur sekolah, anak-anak bisa mengisi dengan berbagai kegiatan positif termasuk berpartisipasi menjaga ketertiban umum menjelang Idulfitri,” katanya, Selasa (9/4/2024).

Ia menegaskan peran orang tua dalam pengawasan anak sangat diperlukan, untuk menghindari perbuatan-perbuatan yang melanggar etika dan ketertiban umum.

“Pokoknya hindari perbuatan-perbuatan yang melanggar etika, InsyaAllah bila liburan diisi dengan kegiatan positif kita tidak akan mendengar berita yang negatif,” katanya.

Orang tua juga harus memberikan contoh kegiatan positif di rumah, sehingga anak-anak nyaman dan betah di rumah dan tidak mencari kegiatan pelarian di luar rumah.

Sementara itu, Pemerintah Kota Pangkalpinang juga telah mengeluarkan keputusan untuk tidak menggelar malam takbiran keliling, hal ini merupakan salah satu upaya untuk menghindari terjadinya kenalakan remaja pada malam kemenangan.

Pemkot juga telah mengintruksikan kepada seluruh masyarakat untuk menggelar malam takbiran di Masjid disekitar rumahnya, untuk muhasabah diri dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. (dnd)