Pertamina Tambah Kuota LPG 3 Kilogram di Basel, Aphiang: Setiap Hari Masuk 2.240 Tabung Gas

TOBOALI, LASPELA – Menjelang H-7 Hari Raya Idulfitri 1445 H, ketersediaan gas LPG 3 kilogram di Kabupaten Bangka Selatan dipastikan aman. Pasalnya, Depot Pertamina Pangkalbalam telah meningkatkan kuota penambahan pasokan gas melon itu ke Bangka Selatan.

GM PT Erik Dharma Pratama, Aphiang salah satu agen Gas LPG di Toboali, Bangka Selatan mengatakan suplai tabung gas LPG subsidi 3 kilogram dari depot Pertamina memang ada peningkatan penambahan sejak Rabu  (3/4/2024) kemarin.

“Jadi untuk suplai tabung gas LPG 3 kilogram ke Bangka Selatan dari pertamina ada penambahan,” kata Aphiang, Kamis (4/4/2024).

Ia menyebutkan, penambahan suplai gas LPG 3 kilogram dari Depot Pertamina itu dimulai sejak Rabu, 3 April 2024 atau H-7 sebelum Hari Raya Idulfitri 1445 H. Ada 4 mobil suplai tabung gas LPG 3 kilogram ke Bangka Selatan sebanyak 2.240 tabung gas LPG kilogram.

“Jadi total keseluruhan 2.240 gas LPG 3 kilogram yang didistribusikan ke Bangka Selatan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pengiriman ribuan gas LPG 3 kilogram itu akan dilakukan distribusi ke Bangka Selatan seminggu penuh sebelum lebaran Idulfitri nanti, terkecuali hari Minggu.

“Seminggu sebelum hari raya  Idulfitri, kami dapat suplai 4 mobil gas LPG 3 kilogram setiap hari terkecuali hari minggu,” ujarnya.

Hanya saja, kata dia sebaran wilayah Kabupaten Bangka Selatan ini luas, jadi suplai 4 mobil truk gas LPG 3 kilogram itu tidak semua disebar di Kecamatan Toboali tapi dibagi ke wilayah kecamatan lainnya, termasuk daerah Kepulauan.

“Jadi setiap hari ada, jadi 3 mobil di Toboali 1 mobil di kampung dari Bikang ke Airbara, kalau di Desa Tepus hari ini 1 mobil, kalau ke Toboali setiap hari ada sampai lebaran,” sebutnya.

“Kalau di Pulau Lepar 1 mobil juga, disuplai ke Tukak Sadai, Pongok dan Tanjung Labu dan permis juga masuk satu mobil. tapi Jumat besok masuk lagi suplai,” sambungnya.

Sementara, untuk harga eceran tertinggi (HET) Kabupaten Bangka Selatan di 6 Kecamatan dan 2 Kecamatan Kepulauan berbeda cukup signifikan.

“Hal itu berdasarkan HET di luar Radius 50 Km dari filling station dan HET untuk daerah kepulauan,” ucapnya.

Ia menjelaskan, kalau yang masuk dalam Radius 50 Km dari filling station yakni HET Kecamatan Toboali Rp 18.900, Kecamatan Airgegas Rp 18.500, Kecamatan Simpang Rimba Rp 18.500, Kecamatan Pulau Besar Rp 18.800, Kecamatan Payung Rp 18.300 dan Sadai Rp 19.400.

“Sementara untuk HET di daerah kepulauan di Desa Penutuk Rp 23.700, Desa Tanjung Labu dan Tanjung Sangkar Rp 25.200 dan di Kepulauan Pongok Rp 27.900,” terangnya.

Menurut dia, terdapat 3 agen gas LPG  di Bangka Selatan dan bisa dipastikan gas LPG 3 kilogram aman, terlihat dari tidak adanya antrean masyarakat saat mendapatkan gas LPG 3 kilogram.

“Kita maklumlah barang subsidi tidak semudah apa yang dibayangkan ada kelangkaan langsung disuplai tidak mungkin, pasti menunggu 1 atau 2 hari dan orang Pertamina juga ikut perintah dari atasannya, tapi untuk saat ini menjelang lebaran idul fitri gas LPG 3 kilogram dipastikan aman,” pungkasnya. (pra)