Pemprov Babel Usulkan Pembangunan Masjid Tujuh Menara, Minta Didesain oleh Ridwan Kamil

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) kembali berencana mengusulkan  pembangunan masjid milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel.

“Pembangunan masjid milik Pemprov Babel ini dulu sempat diinisiasi oleh Gubernur pertama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, almarhum Hudarni Rani. Jadi kita akan kembali mengusulkan ini,” kata Pj Gubernur Babel Safrizal ZA, Kamis (4/4/2024).

Safrizal menyebutkan, dimana selama ini Pemprov Babel tidak punya masjid provinsi. Padahal dulunya sempat diinisiasi oleh mantan Gubernur Babel Hudarni Rani.

“Jadi kita akan kembali mengusulkan pembangunan masjid 7 kubah atau 7 menara sebagai simbol bahwa Provinsi kepulauan Bangka Belitung memiliki 7 kabupaten kota,” jelasnya.

Selain akan menjadi masjid kebanggaan Pemprov Babel, Safrial menjelaskan, masjid 7 menara ini juga akan menjadi salah satu wisata rohani untuk masyarakat Babel dan para wisatawan yang datang ke Bangka Belitung.

“Kita ingin punya masjid kebanggaan yang juga nantinya akan menjadi wisata rohani untuk masyarakat dan wisatawan. Kita akan minta Pak Ridwan Kamil mendesain masjid 7 menara ini,” tuturnya.

Untuk lokasinya sendiri menurut Pj Gubernur Safrizal akan berada ditengah pemukiman masyarakat sehingga kehadiran masjid 7 menara ini dirasakan oleh masyarakat Bangka Belitung.

“Lokasinya tidak di komplek perkantoran Gubernur, tapi dikawasan pemukiman kota. Kita juga tidak akan membeli tanah, kita gunakan aset tanah yang ada. Karo Kesra dan Kepala Bappeda saya tugaskan mencari lokasinya,” tutupnya.(chu)