110 Personel Gabungan Dikerahkan dalam Operasi Ketupat Menumbing 2024

 

TOBOALI, LASPELA – Polres Bangka Selatan
melaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Menumbing tahun 2024 dalam Rangka Pengamanan Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, Rabu (3/4/2024) di Halaman Mapolres Bangka Selatan.

Apel gelar pasukan tersebut di pimpin oleh Pj Sekda Bangka Selatan, Haris Setiawan didampingi Kapolres AKBP Trihanto Nugroho dan Dandim 0432 Bangka Selatan Letkol Inf Gani Rahman.

Sebanyak 110 personel gabungan dikerahkan dalam Operasi Ketupat Menumbing 2024 di Basel.

Pj Sekda Bangka Selatan, Haris Setiawan mengatakan bahwa apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024 ini digelar secara serentak di seluruh Indonesia, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga satuan kewilayahan.

“Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H,” kata Haris membaca amanat Kapolri.

Untuk itu, kata dia TNI-Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 sampai 16 April 2024.

“Pengamanan gabungan ini merupakan bentuk komitmen TNI, Polri dan stakeholder terkait dalam menjalankan tugas secara optimal selama 13 hari ke depan,” ungkapnya.

Sementara, AKBP Trihanto Nugroho menerangkan operasi ini telah dipersiapkan 5.784 pos, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu.

“Tentunya ini dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian,” ucapnya.

Kapolres mengatakan sinergisitas seluruh stakeholder terkait merupakan kunci utama untuk mengulangi keberhasilan pengamanan Hari Raya Idulfitri tahun lalu.

Adapun yang hadir dalam Apel Gelar Pasukan itu, Perwakilan Kajari, Kasat Pol PP, Kepala PLN, Ketua FKUB, kepala Dishub, Kepala Kemenag, Ketua MUI, Kepala Senkom, Ka Pos Binda, Serta PJU Polres Bangka Selatan dan Kapolsek jajaran Polres Basel.

Peserta Apel adalah petugas gabungan yang terdiri dari anggota Polres Bangka Selatan, Anggota Kodim 0432 Bangka Selatan, Anggota Dishub, Satpol PP, Senkom, PLN, PSC 119 dan Saka Bhayangkara. (pra)